Saturday, April 1, 2017

Melibatkan Anak dalam Proyek Keluarga (Bagian 2)



Setelah Eza dilibatkan dalam proyek kedua yaitu proyek mempercantik perpustakaan mungil keluarga, maka saatnya Eza dilibatkan juga dalam proyek pertama yaitu berbagi baju. Mengapa proyek pertama ini justru lebih akhir dibanding proyek pertama? Karena penyerahan pakaian kepada pengurus OSIS nya baru dilaksanakan kemarin hari Jumat tanggal 31 Maret 2017.

OSIS di sekolah tempat saya dan suami mengajar, rutin mengadakan kegiatan sosial setiap tahun, mulai dari khitanan masal, bazaar murah sembako dan pakaian layak pakai hingga donor darah. Tahun ini, karena Eza semakin besar dan sudah berusia 3 tahun di tahun 2017 ini, maka saya mulai melibatkan Eza dalam kegiatan sosial agar kelak ia punya rasa empati terhadap kondisi sosial dan masyarakat. Maka proyek pertama kami bertajuk berbagi pakaian, ini kami harapkan bisa melatih kepedulian sosial Eza.


Eza dilibatkan dari awal, dan ternyata dia antusias sekali membantu dan terlibat dalam proyek kecil keluarga kami. Setelah baju dipilih dari pakaian Eza, bunda dan papa, maka saatnya menyerahkan pada Atik, sang pengurus OSIS yang ditunjuk sebagai panitia kegiatan sosial tahun ini. Sebenarnya dari beberapa hari lalu, kami ingin menyerahkan pakaian ini, tapi ternyata siswa kami sibuk sekali, dan baru sempat diserahkan hari Jumat pagi.

Eza sengaja saya minta untuk menyerahkan pada sang panitia yang bernama Atik. Sambil malu-malu, Eza memegang plastik hitam yang berisi pakaian kamii, seperti yang terlihat di foto. Panitia nya juga ternyata malu-malu, sepertinya tak biasa diekspos. Yah walaupun baru terlibat sedikit, semoga pakaian kami bermanfaat untuk yang membutuhkan, semoga Eza tumbuh menjadi pribadi yang memiliki kepedulian sosial tinggi.

Jadi, keterlibatan seluruh anggota keluarga dalam proyek itu sangat penting karena dapat membuat keterikatan antar anggota keluarga semakin kuat dan harmonis, dapat membuat kepercayaan diri anak tumbuh semakin baik, dan pekerjaan proyek yang dilakukan bersama sama dapat membuat hasil pekerjaan itu lebih baik dan selesai lebih cepat. Alhamdulillah.

Semoga Bermanfaat

Sabtu, 010417.13.00
#odopfor99days#part2#day54
#FasilitatorbundasayangIIP
#MyFamilyMyTeam
#IbuProfesionalIIP
#Level3ProjekKeluargaDay9

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit