Monday, April 24, 2017

Day 1 : Mengamati Gaya Belajar Eza



Pada minggu keempat materi kuliah Bunda Sayang IIP ini, pembahasannya adalah tentang gaya belajar anak. Tantangan game level 4 ini pun seputar gaya belajar anak. Sebenarnya dari kemarin kemarin sudah ingin memulai tantangan game level 4 ini tapi berbagai kesibukan dan mudik liburan, jadi alasan klasik sebagai pembenaran tertundanya tulisan hehe.

Berdasarkan materi yang disampaikan Bu Septi tentang gaya belajar anak, ada 3 macam modalitas belajar anak yaitu :
      1.      Auditory, modalitas ini mengakses segala macam bunyi, suara, musik, nada, irama, cerita, dialog dan pemahaman materi pelajaran dengan menjawab atau mendengarkan lagu, syair dan hal-hal lain yang terkait.

      2.      Visual, modalitas ini mengakses citra visual, warna, gambar, catatan, tabel diagram, grafik, serta peta pikiran, dan hal-hal lain yang terkait.

      3.      Kinestetik, modalitas ini mengakses segala jenis gerak, aktifitas tubuh, emosi, koordinasi dan hal-hal lain yang terkait.

Dan menurut Euis Yulianti dalam kulwap di Sulawesi Selatan, gaya belajar tidak bisa diputuskan atau ditetapkan ketika anak masih dalam masa eksplorasi, usia 2-3 tahun adalah masa-masa eksplorasi dan ingin tahu yang tinggi. Tipe auditory, visual, kinestetik semuanya masih dalam proses perkembangan. Semua itu bisa muncul pada setiap anak dan bisa berubah karena mudah bosan.

Maka yang saya lakukan adalah memberikan stimulus sebanyak-banyaknya pada Eza agar potensi belajarnya berkembang. Selama ini lebih sering mengajak Eza untuk main outdoor, dan ternyata dia memang senang bergerak. Sepertinya emang mayoritas anak lak-laki senang bergerak ya, ga bisa diam dan terus saja bereksplorasi. Seperti saat saya ajak Eza belanja ke mall, saya berikan keranjang belanja, dan dia malah dorong-dorong haha. Nikmati saja duniamu ya Za...

Semoga Bermanfaat

Senin, 240417.06.00
#odopfor99days#part2#day71
#tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#Day1

#KuliahBunsayIIP

1 comment:

  1. Kayanya kalo anak-anak usia balita, gaya belajarnya kinestetik yaa, mba...

    ReplyDelete

Postingan Favorit