Friday, April 28, 2017

Day 5 : Mengamati Gaya Belajar Eza




Hari kelima ini, saya baru sempat bermain sama Eza setelah shalat Jumat tadi. Paginya saya belanja ke Tanah Abang untuk oleh-oleh lebaran keluarga Kudus. Saat saya pulang dari Tanah Abang, seperti biasa Eza nanya oleh-oleh. Saya kasih makanan dan baju, tadinya bajunya pengen langsung dipakai saking senengnya, tapi setelah dibujuk untuk dipake pas sore nanti, akhirnya mau juga. Setelah beres shalat dhuhur jamaah sama mba nya, saya pun langsung main sama Eza.

Hari ini sesuai agenda, permainan yang saya siapkan adalah mengenal angka. Kebetulan kemarin saya sudah beli puzzle angka, Eza seneng banget pas dikasih mainan berupa puzzle angka, walaupun setelah dibongkar, dia belum bisa masang lagi. Beberapa kali saya pancing dengan mainan puzzle, Eza ga terlalu antusias, kenapa ya... mungkin memang belum saatnya. Saat saya coba pandu dia untuk masang puzzle, eh dia malah megang lap pel dan bergerak ngepel haha... kinestetiknya tersalurkan deh. Seperti terlihat dalam gambar berikut. Agak buram, karena moment anak bermain itu memang tak terduga dan cepat sekali, mengabadikannya pun harus cepat-cepat karena momennya cepat sekali berganti.



Setelah itu si bunda memperdengarkan bilangan 11-15, karena 1-10 dia sudah hafal dengan 3 bahasa yaitu bahasa Arab, Inggris dan Indonesia. Kali ini saya berikan stimulus untuk auditorinya, dia dengerin sih tapi sambil bercanda, misalnya saat saya bilang sebelas, dia jawab “tiga belas”, maksud saya biar dia ngikutin apa yang saya perdengarkan, ternyata dasar anak humoris, ada aja perilakunya yang bikin ketawa. Trus saat saya bilang “dua belas”, dia bilang “lima belas” haha ya sudahlah mas semaunya kamu aja asal kamu bahagia ...


Kali ini saya banyak memberikan stimulus untuk auditorinya, kinestetik nya saya kurangi. Tapi tetap saja dia cari cara lagi untuk bergerak. Belum selesai main puzzle angka, dia minta main balok. Dia jalan lagi ke lemari mainan untuk ambil balok. Belum selesai main balok, dia denger ada suara yang jualan tahu bulat, dia pun pengen beli.

Dia bisik-bisik ke saya, “Bunda, mas denger ada suara tahu bulat”, keren banget cara dia bujuk saya, bukan “Bunda, mas pengen beli tahu bulat”. Calon negosiator ulung niih...

Setelah itu, saya beri uang, trus saya tanya “Mas, berani ga beli sendiri tahu bulatnya?”
“Berani ko,” kata dia
“Oke bunda kasih uang, mas beli sendiri ya”
“Oke”, jawabnya

Ternyata kata mba nya, dia pergi sendiri naik sepeda beli tahu bulat, ke gerbang depan sekolah. Saya fikir dia akan beli lewat pintu belakang yang dekat, ternyata dia pergi sendiri ke pintu depan yang agak jauh, dan banyak truk. Haduuh saya ga tau dia akan seberani itu, untung mba nya yang baru pulang dari pasar, ngeliat dia lagi beli tahu bulat, langsung diajak pulang deh. Ngeri juga banyak truk, walau pa satpam juga pasti pada ngeliatin dan ikut jagain.

Alhamdulillah hari ini si bunda berhasil memberikan stimulus untuk semua aspek. Visualnya dengan cara menyusun puzzle, auditorinya dengan memperdengarkan bilangan 11-15, kinestetiknya dengan dia jalan naik sepeda beli tahu bulat.  Senengnya liat Eza sudah berani, seneng main dan mulai terlatih gaya negosiasi nya. Good job, mas...

Semoga Bermanfaat

Jumat, 280417.15.15
#odopfor99days#part2#day80
#tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#Day5

#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit