Tuesday, April 25, 2017

Day 2 : Mengamati Gaya Belajar Eza



Dari tabel diatas, yang visual ditandai dengan kotak warna merah, hanya satu dari tiga yang baru bisa teramati yaitu menyukai hal-hal yang bersifat detail dan rapi. Saat saya atau mba nya beberes rumah, Eza suka pengen ikut nyapu atau ngepel. Saat saya di ruang atm,  Eza suka mengambil kertas-kertas yang berserakan di lantai untuk dimasukkan ke tempat sampah. Keren ga sih hehe.

Sementara untuk auditori yang ditandai dengan kotak berwarna biru, tiga-tiganya masih belum ok, karena masih tiga tahun jadi belum tereksplorasi semua. Sementara yang kinestetik pada kotak berwarna ungu, hampir semua kotak itu sepertinya cocok dengan Eza. Saat belajar shalat, Eza cukup melihat papa bundanya shalat, ia sudah bisa gerak gerak ngikutin. Kalau diajak bermain outdoor seperti perosotan, ayunan dan lain-lain, itu matanya berbinar binar sekali. Memang belum bisa disimpulkan juga kalau Eza itu dominan kinestetik nya, saya masih harus memberikan stimulus sebanyak banyaknya untuk merangsang potensi belajar Eza.

Mengamati gaya belajar Eza memasuki hari kedua ini, membuat saya kembali pada masa lalu, stimulus apa saja yang sudah saya lakukan untuk memberikan rangsangan pada seluruh potensi belajar Eza. Sepertinya saya sudah berusaha memberikan stimulus pada semua jenis gaya belajar, baik visual, auditori maupun kinestetik.


Hasilnya? Seperti lazimnya banyak anak cowo, kinestetik dia lebih menonjol dibanding auditori dan visual. Tapi visual pun dia bisa, saat diputarkan film diva tentang huruf hijaiyah, lalu saya belikan gambar huruf-huruf hijaiyah, ternyata dia cepat juga menghafal dan mengingat beberapa huruf hijaiyah. Sementara auditori, saya melatihnya dengan memperdengarkannya bilangan dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris serta beberapa surat dalam Al-Qur’an, terutama saat saya ajak Eza jalan-jalan bermotor ria. Ternyata, sekarang dia sudah bisa mengingat semua bilangan 1-10 dalam 3 bahasa, sementara surat-surat Al-Quran baru bisa mengikuti al Fatihah dan al Ikhlas, walau belum full semuanya.

Oke Peer si bunda masih panjang untuk mendampingi Eza belajar dan eksplorasi banyak hal. Semoga masih diberi kekuatan untuk banyak belajar untuk melejitkan potensi Eza dalam berbagai bidang.
Semoga Bermanfaat

Selasa, 250417.13.30
#odopfor99days#part2#day74
#tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#Day2

#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit