Sunday, April 2, 2017

Evaluasi Proyek Keluarga : Rencana dan Pelaksanaan



Setelah selesai melaksanakan proyek pertama berbagi pakaian dan proyek kedua merapikan perpustakaan Al Zayyan, saatnya mengevaluasi apakah perencanaan yang dibuat terlaksana dengan baik atau tidak. Apa kendala dan tantangannya, serta berhasil tidaknya kedua proyek tersebut dilaksanakan. Tentang perencanaan proyek keluarga kami, bisa dibaca disini.
Dalam perencanaan yang dibuat, proyek keluarga kami ada dua yaitu Proyek Merapikan Perpustakaan Al Zayyan (nama gabungan keluarga kami) dan Proyek Sosial lewat Berbagi Baju. Awalnya proyek ini akan dilakukan selama 5 hari untuk masing-masing proyek, gimana dalam pelaksanaannya? Mari kita evaluasi.

Proyek Sosial lewat berbagi pakaian Eza, bunda dan papa sukses dilaksanakan pada hari kedua, ketiga, keempat sedangkan proyek merapikan perpustakaan dilaksanakan pada hari kelima, keenam, ketujuh dan kedelapan, . Hari kesembilan  kembali pada proyek pertama, berbagi pakaian. Sedangkan hari pertama adalah membahas perencanaan dan hari kesepuluh ini adalah evaluasi.

Evaluasi proyek pertama yaitu berbagi pakaian, ternyata hanya dilakukan 3 hari. Dalam pelaksanaannya, proyek ini dilakukan hanya dua hari saja, hari pertama untuk memilih pakaian Eza dan hari kedua untuk memilih pakaian papa dan bunda. Tapi dibuat menjadi 3 tulisan karena memang lumayan panjang prosesnya. Keterlibatan Eza hanya pada hari pertama, pada saat memilih pakaiannya sendiri, sementara keterlibatan si papa, sukses dengan membantu memilih pakaian si papa sendiri dan pakaian bunda untuk disumbangkan. Tulisan di hari keempat membahas keterlibatan Eza di proyek pertama.


Hari keempat, ternyata ada mis komunikasi. Saya fikir pelaksanaan bakti sosial OSIS akan dilaksanakan di hari Sabtu 1 April 2017. Ternyata untuk program bazaar pakaian murah, pelaksanaannya di akhir April. Sedangkan di hari Sabtu 1 April 2017 itu adalah program donor darah. Tadinya saya pengen melibatkan Eza saat pelaksanannya juga, tapi ternyata pelaksanaannya di akhir April. Jadi evaluasinya harus mengumpulkan informasi sebanyak dan selengkap mungkin di awal perencanaan proyek.

Untuk proyek kedua yaitu merapikan perpustakaan Al Zayyan yang merupakan singkatan keluarga kami, sebenarnya pelaksanaannya hanya satu hari yaitu di hari Selasa tanggal 28 Maret 2017, tapi sukses melibatkan Eza dan suami dalam pelaksanaannya. Senang banget rasanya bisa melakukan proyek ini bersama-sama. Walaupun pelaksanaannya hanya satu hari, tapi laporannya dibuat menjadi 4 tulisan yaitu 3 tulisan untuk pelaksanaan dan tulisan terakhir tentang keterlibatan Eza dalam proyek ini. Evaluasinya ke depan, perencanaan proyek harus detail per hari nya, sehingga jika memang hanya bisa dilaksanakan satu hari, yah tulisannya harus satu juga.


Evaluasi ini bertujuan melatih kejujuran pada diri sendiri, kendala dan tantangannya, perencanaan dan pelaksanaan, menurut saya keberhasilannya adalah 80 persen. Sisanya yang tak sesuai rencana adalah menjadi catatan untuk rencana proyek berikutnya. Semoga proyek ini tak berhenti hanya pada saat ada tantangan di kelas bunda sayang ini saja, tapi berlanjut menjadi proyek berikutnya. Aamin

Semoga Bermanfaat

Ahad, 020417.05.30
#odopfor99days#part2#day55
#FasilitatorbundasayangIIP
#MyFamilyMyTeam
#IbuProfesionalIIP

#Level3ProjekKeluargaDay10

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit