Thursday, April 20, 2017

Hari Ke-6 : Program 40 Hari Mencari Si Cinta : 4 Tahun Pernikahan



Tak terasa, waktu berlalu begitu cepat. Rasanya baru kemarin saya protes dan menangis-nangis dalam doa saya, mengadu betapa lelahnya saya berpuluh puluh kali taaruf dan tak kunjung berujung di pernikahan. Rasanya belum lama saya mengirim surat pada orang tua sebagai bentuk protes saya saat orang tua menolak calon suami yang saya ajak ke rumah. Rasanya ... Rasanya ... Rasanya sungguh malu jika saya mengingat saat saat jahiliyah itu. Sekarang betapa bersyukurnya saya dengan kehidupan saat ini. Jika saja Allah mengabulkan keinginan saya saat itu, ah entah apa jadinya.

Tepat 4 tahun lalu, di tanggal inilah saya resmi melepas masa lajang dan resmi bersuamikan orang Kudus. Teman yang bertransformasi menjadi partner 24 jam dalam kehidupan, mewarnai seluruh kehidupan saya. Dan tepat setahun setelah pernikahan, kami resmi menjadi orang tua dari seorang cowo mungil nan lucu yang akhirnya kami beri nama Muhammad Zahid Al Zayyan, yang dalam kehidupan sehari-hari dipanggil Eza. Eza ini adalah singkatan dari nama saya dan suami yaitu EvaZAenuri.

Kehidupan pernikahan yang baru dijalani selama 4 tahun, tentu bukan tanpa masalah. Berbagai konflik dan tantangan pernikahan, telah kami lalui dengan mulus sejauh ini, alhamdulillah. Saya bersyukur sekali menikah dalam usia yang cukup matang, sehingga emosi sudah lebih terkelola, walau masih saja suka berapi api dan cemberut ga jelas pada suami hehe.


Perbedaan budaya dua keluarga kami, saya dengan budaya sunda dan suami dengan budaya Jawa, tak menjadi hambatan berarti. Saya mencoba belajar bahasa Jawa, walau belum mahir mahir hingga saat ini, sementara suami beradaptasi pada keluarga saya dengan caranya sendiri. Ia berusaha mendekati saudara-saudara saya dengan mengajak ngobrol, dan bagi saya itu sudah cukup membahagiakan. Kami berusaha saling memahami, saling membahagiakan dengan cara kami sendiri.

Kami yang memiliki latar belakang bahasa Arab, juga mencoba berkolaborasi dengan membangun mimpi bersama dengan cara membumikan bahasa Arab semampu yang kami lakukan. Belum maksimal memang dan masih sangat panjang perjalanan kami mewujudkan mimpi.

Ada nasehat pernikahan dari Amien Rais untuk pernikahan putrinya yang selalu terngiang ngiang di benak saya, yaitu bahwa Pernikahan adalah Saat untuk berhenti membandingkan. Ini nasehat ampuh jika saya mulai mengeluhkan kehidupan yang saya jalani. Banyak hal yang seharusnya lebih saya syukuri ketimbang mengeluhkan apa yang belum saya dapatkan. Sebagian besar sosok suami yang saya inginkan dan saya kirimkan proposalnya melalui doa yang saya panjatkan, Allah kabulkan dan anugerahkan dengan sangat indah.

Anugerah indah nan agung yang juga saya syukuri hingga detik ini adalah keberadaan orang tua saya dan mertua saya yang masih lengkap semuanya. Ini adalah kekuatan terbesar dalam mengarungi hidup. Doa dan restu mereka, itu adalah kunci utama berkahnya pernikahan kami. Tak semua teman saya memiliki orang tua dan mertua yang masih lengkap, maka cara kami berbakti adalah sebisa mungkin setiap tahun kami mudik ke dua kota yaitu Tasik dan Kudus, sebagai bentuk perhatian dan syukur kami atas keberadaan mereka. Walaupun harus melewati kemacetan hari raya dan padatnya jadwal kunjungan silaturahmi kami pada dua keluarga besar kami, alhamdulillah sejauh ini kami sehat-sehat saja.

Maka di tahun keempat pernikahan ini, kami sampaikan proposal program hamil 40 hari dengan memantapkan ibadah kami. Kami yakin hanya Allah lah yang Maha Kuasa mewujudkannya. Jika ada yang bertanya, kenapa sih program ini ngebet banget harus terwujud di tahun ini? Pertama karena saya di tahun depan, tepat berusia 40 tahun, kedua karena kedua orang tua kami masih lengkap jadi berharap kehadiran cucu berikutnya menjadi pelengkap kebahagiaan mereka. Dan semoga Allah masih memberikan kepercayaan mengemban amanah sebagai orangtua itu pada kami yang masih banyak kekurangan ini. Aamiin.

Semoga Bermanfaat

Kamis, 200417.17.50
#odopfor99days#part2#day69
#ProgramHamil40Hari#part1#day6

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit