Wednesday, May 24, 2017

Hari 6 Program Hamil 40 Hari: Tamu Tak Diundang



Hari Jumat kemarin, saat saya sedang mendampingi karyawan menginput data keuangan koperasi, tiba-tiba ada dua orang tamu yang tak diundang, datang ke koperasi. Ternyata mereka adalah dua orang mahasiswa UIN yang sedang ditugaskan studi banding ke koperasi kami, sebagai prasyarat pendidikan untuk menjadi calon pengurus koperasi. Awalnya saya merasa terganggu karena sedang sibuk mendampingi karyawan input data keuangan, yang membutuhkan konsentrasi, tiba-tiba datang mendadak dua tamu yang ingin observasi di koperasi kami. Saya fikir hanya mengobservasi jadi saya persilakan, ternyata mereka ingin mewawancara saya juga untuk memperkaya informasi tentang koperasi kami. Saya minta mereka menunggu sebentar.

Saya tadinya agak ngedumel dalam hati, dalam suratnya saja, mereka seharusnya datang untuk observasi selama 5 hari, dari Senin sampai Jumat sebanyak 5 orang. Ini datang hanya sehari, trus hanya dua orang pula yang datang, karena yang lain sibuk kuliah katanya. Tapi saya sadar bahwa saya harus memperlakukan tamu sebaik mungkin. Menyambut dan menjamu tamu adalah salah satu tanda keimanan juga, dalam sebuah hadits. Sambil saya bayangkan, jika saya ada di posisi mereka, berkunjung ke satu tempat, kira-kira saya ingin diperlakukan seperti apa, maka setelah menata hati, akhirnya saya samperin mereka dan ngobrollah panjang lebar tentang koperasi.


Ternyata setelah dijalani sambil ngobrol panjang  lebar, seru juga. Saya sempat tanyakan juga aktivitas mereka di koperasi kampus, saya jadi ingat zaman muda dulu saat jadi mahasiswa. Wah ternyata sudah lama sekali, melihat antusiasme mereka berdua, semakin memperjelas usia saya haha. Jarang-jarang lho mahasiswa yang tertarik koperasi, saya ceritakan juga panjang lebar keuntungan berkoperas. Rasanya ada adrenalin yang muncul, mata saya berbinar binar saat sharing tentang koperasi.

Saya semakin sadar bahwa ternyata passion saya sebenarnya di ekonomi kerakyatan, salah satunya berbentuk koperasi. Saya beberapa kali pernah bisnis sendiri, tapi jarang yang bertahan. Tapi saat menjadi pengurus koperasi, sudah berusaha menghindar, tapi ternyata akhirnya terjerumus lagi dan tidak ada orang lain yang sanggup memikul beban sebagai bendahara di sekolah ini. Melihat dua orang muda ini, semakin membuat saya semangat untuk lebih banyak berbuat untuk orang lain, untuk lebih mendalami koperasi dan semakin jelas bahwa peran spesifik saya memang di dunia koperasi. Terima kasih wahai tamu tak diundang yang akhirnya membuat saya sadar banyak hal.
Hari keenam program hamil ini, saya tidak lagi fokus pada ibadah ritual tapi entah kenapa saya terjebak dengan indahnya pada ibadah sosial. Hari hari dalam minggu ini, banyak sekali kesempatan emas saya untuk melakukan proyek ibadah sosial, dan itu datang tanpa diundang, tanpa saya minta, datang sendiri. Tentu ini harus disyukuri, saya tinggal menjalani tanpa harus membuat dan merencanakan bentuk proyek sosial saya. Alhamdulillah...

Semoga Bermanfaat

Rabu, 240517.08.30
#odopfor99days#semester2#day8

#ProgramHamil40Hari#part2#day6

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit