Thursday, May 18, 2017

Hari 4 Program Hamil 40 Hari: Memperbanyak Amal Sosial



Hari keempat program hamil ini saya coba untuk terus memperbanyak amal sosial, selain mencoba istiqamah dalam ibadah ritual. Mempertahankan bisa shalat berjamaah di masjid selama 40 hari itu ternyata tantangan yang sungguh tak mudah. Setelah kemarin hanya tertinggal shalat dhuhur berjamaah di masjid, hari ini malah shalat dhuhur dan ashar yang ketinggalan dilakukan di masjid. Tetap dilakukan berjamaah di rumah, karena sejak pagi mengantar teman ke Summarecon dan sorenya Eza baru bangun tidur jadi tak bisa ke masjid.

Paginya saya mencoba mengajak Eza bermain bareng temannya deket rumah yang sedang tidak sekolah. Mengajak jalan temannya anak kita itu akan membuat keduanya senang, yah anak kita, yah temannya karena mereka bisa bermain bareng. Biasanya saya mengajak Eza main dan di lokasi, dia bermain sendiri. Kali ini dia senang banget karena bisa bermain bareng temannya. Semoga membahagiakan oranglain walaupun anak kecil, termasuk sedikit dari amal sosial yang menjadi ladang pahala saya.

Siangnya, pukul 10, saya mengantar teman ke Summarecon, dia ingin memperbaiki jam tangnnya. Biasanya saya mengantar dia dengan menggunakan motor tapi saya sedang kurang sehat maka kami pun nge grab. Setelah memperbaiki jam, disertai jalan-jalan dan makan siang disana, kami pun pulang. Sampai rumah menjelang pukul 1 siang, untungnya mba nya belum shalat dhuhur jadi saya punya teman untuk shalat dhuhur berjamaah.


Sejak program hamil 40 hari dengan beribadah ini saya lakukan, ada sensasi yang seru saat mencoba shalat berjamaah 5 waktu. Rasanya merasa berdosa sekali saat shalat wajib sendirian dan sedih karena tak bisa berjamaah. Alhamdulillah akhirnya ini membentuk kebiasaan dan sudah jarang melakukan shalat wajib sendirian. Selain karena pahalanya lebih banyak, hal ini pun melatih kita untuk disiplin waktu. Walau kadang demi berjamaah, akhirnya tidak shalat di awal waktu. Seperti shalat ashar ini, karena menunggu Eza mandi dulu, trus si mba nya sedang memasak, akhirnya harus menunggu suami dulu untuk shalat ashar berjamaah, agak lama jadinya, kami baru shalat ashar menjelang pukul 4 sore.

Begitulah tantangan latihan (riyadhah) ibadah 40 hari dengna tujuan agar bisa hamil anak kedua, kali ini saya lebih santai menjalankannya, tanpa berharap banyak tujuan hamil ini tercapai. Bukan putus asa, hanya mencoba menzerokan hati agar ibadah ini ditujukan untuk mencari keridhaannya semata. Lancar? Tidak juga, harapan itu tetaplah ada, hanya saja mempersiapkan mental jika nantinya kenyataan tak sesuai harapan, agar tak terlalu sedih menghadapinya. Saya sudah senang dengan latihan ini, karena semuanya dibantu Allah untuk menjalaninya. Dan melatih saya untuk disiplin dan banyak mengingat-Nya dalam setiap kesempatan. Makasih atas segalanya, Rab.

Semoga Bermanfaat

Kamis, 180517.05.40
#odopfor99days#semester2#day6

#ProgramHamil40Hari#part2#day4

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit