Saturday, September 23, 2017

Saat Mengurus Umroh, Dinamika Seru Urusan Umat



Selain mengurus koperasi, saya juga memegang uang masjid, yang ujungnya berdampak kemana-mana. Rekening masjid ini digunakan untuk menyimpan uang kotak amal masjid, menyimpan uang setoran kurban setiap hari raya idul adha dan setoran uang umroh siswa IC dan atau keluarganya.

Sejak tahun 2015, rekan sejawat saya guru fiqh membuat program umroh untuk siswa siswinya, dan berhubung beliau berangkat haji tahun ini, maka saya diberi amanah untuk mengelola uang umroh dan mengatur segala berkas administrasinya. Bonusnya, saya ikut diberangkatkan umroh di akhir tahun ini, alhamdulillah. Akhirnya saya dan suami pun mendaftarkan mertua untuk ikut umroh bersama saya. Saya ingin juga suami ikut serta, tapi terfikir Eza dengan siapa nantinya.

Kami bekerjasama untuk umroh ini, dengan fisrt travel. Saat kami daftar tahun 2015, lalu kami lunasi di tahun 2016, belum ada masalah yang rame terkait first travel ini. Barulah saat kami akan berangkat di bulan Desember akhir tahun ini, berita heboh itu muncul, hingga pemiliknya dipenjara. Untungnya, agen kami belum menyetorkan uangnya ke pihak first travel dan semoga uang kami selamat. Agen kami lalu berganti bendera dan menggunakan travel Mustika. Semoga lancar hingga berangkat ke Mekah nanti.


Hari Jumat lalu, saya mendapat informasi melalui whatsupp bahwa koper dan perlengkapan umroh kami, akan segera tiba. Saya lalu informasikan di grup umroh kami, dan semua mengucap syukur, bahkan ada yang menangis saat saya memposting foto koper yang sudah tiba. Alhamdulillah Engkau dengar doa kami, Rab. Semoga terwujud keinginan kami untuk bertemu Engkau di rumahMu, Baitullah.

Malam harinya, saya memanggil siswa peserta umroh dan meminta mereka membantu saya merapikan perlengkapan umroh serta membagikannya. Di tempat lain, saya meminta tolong teman sejawat, untuk memanggil siswa yang dicurigai mencuri. Kasus pencurian ini prosesnya belum selesai, ini peer besar dan saya hanya bisa mengandalkan Allah untuk menurunkan pertolongannya.

Berbagai persoalan umat yang bisa jadi masih urusan sederhana, tapi bagi saya sungguh berat dan menantang. Bisa jadi, beban saya belum seberat aktivis lain yang mengurus umat dengan masalah lebih besar dan berat. Tapi semoga amal saya yang sedikit ini, bisa terhitung sedekah sosial yang turut melancarkan program hamil 40 hari. Sepertinya kurang ikhlas ya, tapi biarkan Allah yang menilai semua niat dalam hati saya.

Semoga Bermanfaat

Sabtu, 230917.13.45
#ProgramHamil40HariEpisode3#Hari13
#odopfor99days#sesi3#day21

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit