Saturday, September 16, 2017

Membahagiakan Orangtua



Hari Jumat minggu lalu, lengkap sudah kakak-kakak saya dari Tangerang datang ke rumah orangtua di Tasik. Pernikahan keponakan yaitu anak pertama dari kakak tertua saya yang sekaligus merupakan cucu pertama mamah dan abah, menjadi momentum kami bisa berkumpul sekeluarga lengkap. Riuh rendahnya suasana rumah, ternyata membuat orangtua bahagia. Mamah saya yang awalnya sedang sakit, tangannya kesemutan, saat ditelpon adiknya, bilang bahwa kondisinya sudah membaik. Ternyata anak dan cucu, tetap menjadi obat terbaik dan tercepat dalam menyembuhkan sakit orangtua.

Saya bersyukur sekali orangtua saya dan mertua saya masih lengkap. Banyak lahan ibadah yang bisa saya lakukan terhadap mereka, tentu bukan untuk membalas kebaikan mereka, karena itu takkan pernah membayar perjuangan yang mereka lakukan. Dan keberadaan mereka adalah jimat bagi saya, doa mereka masih sangat saya butuhkan, tentu saja kehadiran mereka juga merupakan berkah tersendiri bagi keluarga kami.

Kembali ke hajatan pernikahan ponakan saya, sehari sebelum pernikahan, dalam adat sunda biasanya ada prosesi siraman. Acara siraman ini dilakukan setelah shalat Jumat hingga sore hari. Momen menyedihkan nan sakral itu terjadi saat sang calon pengantin meminta restu dari orang tuanya, sambil meminta maaf dan minta doa agar dilancarkan dalam semua urusan. Entah ya, bagi saya relasi yang unik dan membuat haru itu adalah antara seorang ayah dengan anak perempuannya. Rasanya saya ikut terharu dan tak bisa menahan tangis saat sang ayah memberi restu dan mendoakan sang calon pengantin.

Bagi saya, membahagiakan orangtua bukanlah tentang berapa rupiah yang kita berikan pada mereka, tapi seberapa besar perhatian kita kepada mereka, seberapa sering kita menelpon mereka dan seberapa intens kita mengunjungi mereka di sela kesibukan kita bekerja dan mengurus keluarga. Semoga dengan begitu, mereka ridha dengan kehidupan saya dan tak lelah mendoakan anaknya ini, yang masih saja merepotkan mereka.

Semoga saya masih punya banyak waktu untuk membahagiakan mereka, termasuk menambah mereka cucu dengan anak saya berikutnya. Dan semoga bukan hanya anak, tapi menjadi generasi penerus keluarga yang membanggakan dan bermanfaat untuk umat. Aamiin

Semoga Bermanfaat

Sabtu, 160917.14.05
#ProgramHamil40HariEpisode3#Hari6
#odopfor99days#sesi3#day7

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit