Thursday, September 21, 2017

Hebohnya Persiapan Rapat Pembentukan Koperasi IIP



Hari Rabu minggu lalu, saya dan teman teman di grup inisiasi pembentukan koperasi IIP sibuk mempersiapkan rapat pembentukan koperasi dan penyuluhan tentang koperasi dari pihak Kementerian Koperasi. Kami berbagi tugas, saya dan teman saya di Tangsel menyiapkan konsumsi, sementara teman lain di Bogor dan Kediri menyiapkan berkas daftar hadir dan berita acara sebagai persyaratan pendirian koperasi.

Iya, setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya koperasi sampai di titik ini, kami mengumpulkan anggota pendiri sebanyak 20 orang, yang terdiri dari pengawas, perwakilan dari beberapa kota yang ada di Jabodetabek dan Banten untuk bersama-sama ngobrol bareng tentang rencana pendirian koperasi IIP yang diberi nama oleh foundernya dengan nama Koperasi Ibu Profesional Mandiri.

Mengapa saya keukeuh dan menggebu gebu untuk mendirikan koperasi ini? Padahal kerjaan saya sudah banyak, amanah juga menanti di hadapan, malah teman-teman memberi kepercayaan saya untuk menjadi ketua koperasinya, yang awalnya saya tolak. Tapi karena saya yang mengusulkan dan membuat program ini saat melamar menjadi manager keuangan nasional, maka saya harus memastikan ini berjalan dulu. Dan memang langkah berat biasanya ada di langkah pertama, selanjutnya biasanya lebih ringan dan mudah.

Saya seringkali bertanya-tanya dalam hati, untuk apa saya cape-cape menginisiasi pendirian koperasi ini? Apakah mencari profit? Rasanya kalau mencari profit, mending membuat perusahaan. Apakah mencari popularitas? Sungguh saya khawatir niat saya mendirikan koperasi ini tidak tulus, dan hanya letupan sesaat, tidak visioner dalam jangka panjang. Semoga alasan utamanya karena kebermanfaatan dan amal sosial, saya ingin meninggalkan sesuatu yang bermanfaat untuk umat atau komunitas yang saya ikuti. Dan melalui koperasi lah, saya menemukan jalannya.

Persiapan ini dimulai sejak bulan Mei 2017, kami di grup manager keuangan IIP merencanakan dua agenda besar yaitu kopdar para mankeu seluruh Indonesia dan pendirian koperasi IIP. Kami membentuk tim keccil, menggodog konsep, konsultasi ke kementerian koperasi, dan puncaknya adalah besok, kami akan berkumpul bersama dengan mengundang notaris dan menuntut ilmu dari pejabat di kementerian koperasi. Banyak rintangan yang kami hadapi, diantaranya kontroversi antara koperasi konvensional versus koperasi syariah, koperasi lingkup nasional atau provinsi, dan masih banyak lagi. Alhamdulillah perlahan lahan, semuanya menemukan titik temu. Semoga besok acaranya lancar.

Hari ini, saya dan teman saya memesan konsumsi dan menyiapkan slide presentasi untuk besok. Sambil menyiapkan mental, karena perjuangan sesungguhnya baru dimulai. Teman-teman yang tidak bisa hadir dari Singapura dan Jawa Timur, turut deg-degan dan harap harap cemas menanti hasilnya. Persiapan administrasi sudah kami lakukan jauh-jauh hari, ikhtiar sudah dilakukan, selebihnya tinggal tawakkal, biarlah Allah yang membantu menyelesaikan sisa urusannya. Semoga diridhai Allah dan bermanfaat untuk umat, baik untuk komunitas IIP maupun lingkup masyarakat lebih luas. Semoga ini juga menjadi sedekah tenaga saya untuk sedikit memberi kontribusi nyata untuk umat. Aamiin

Semoga Bermanfaat

Kamis, 210917.16.25
#ProgramHamil40HariEpisode3#Hari11
#odopfor99days#sesi3#day17

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit