Wednesday, September 20, 2017

Kasus Pencurian : Dinamika Sekolah Berasrama & Refleksi Diri



Hari Selasa minggu lalu, saya mendapat laporan dari beberapa siswi putri kelas XI bahwa uang mereka banyak yang hilang. Saya langsung memanggil pengurus angkatan, mendata siswi yang hilang uang maupun barang dan membuat rencana untuk menjebak si pelaku. Sudah lama sekali kami tak mendapat laporan kehilangan, tiba-tiba sekarang muncul lagi dan banyak rupiah yang raib.

Setelah itu, saya mengumpulkan seluruh siswa kelas XI putri, saya sampaikan bahwa ini musibah serius dan akan ditangani dengan serius. Saya memberi waktu hingga Jumat malam, bagi yang mengambil atau mengetahui pencurinya, agar diselesaikan secara damai, dan uangnya dikembalikan. Tetapi jika hingga Jumat malam, tak ada yang melapor, maka prosedur berikutnya adalah prosesi sumpah yang mengerikan karena efeknya bagi si pelaku, sangat berat. Selam rentang waktu itu, kami juga melakukan ikhtiar langit yaitu tadarus bareng, tahajud bareng dan saya minta seluruh siswa mendoakan secara serius agar kasus ini cepat tertangani.


Sekolah berasrama memang dinamikanya lumayan seru. Saya kerja di sekolah ini sudah hampir 13 tahun, dan kasus pencurian, kehilangan uang dan barang, kabur dari sekolah adalah makanan sehari-hari kami. Tugas kami bukan hanya sebagai pengajar, tapi juga pendidik dan pemberi tauladan kebaikan, agar siswa yang keluar dari sekolah ini bukan hanya pintar secara akademis tapi juga berakhlak mulia. Tentu ini bukan pekerjaan mudah, tapi menantang dan semoga menjadi motivator juga buat kami agar tak lelah menjadi corong kebaikan.

Adanya kasus kehilangan banyak uang dan barang ini sesungguhnya membuat saya harus merefleksikan diri sendiri. Jangan-jangan ibadah saya kurang banyak dan bermakna, hingga siswa saya tak takut berbuat dosa. Mungkin saya kurang serius mendoakan siswa siswa untuk menjadi pribadi yang taat dan bertakwa. Maka, peristiwa ini saya jadikan momentum untuk mengajak siswa dan saya sendiri untuk membangun keyakinan pada Allah, serius beribadah dan meminta pada Allah agar pelakunya diberi hidayah dan segera bertaubah serta mengembalikan uang yang diambilnya.
Alhamdulillah, hikmahnya saya menjadi lebih rajin untuk bangun tahajud, selain untuk mendoakan program hamil saya, juga mendoakan kasus ini agar segera ditemukan pelakunya sehingga tak menimbulkan keresahan lagi di asrama putri. Rasanya kesal sekali, setiap ada kejadian pencurian, kemudian berulang lagi dan pelakunya tidak jera. Allah, bantu kami menemukan sang pelaku. Sesungguhnya Engkau yang Maha Tahu yang tersembunyi.

Semoga Bermanfaat

Rabu, 200917.13.35
#ProgramHamil40HariEpisode3#Hari10
#odopfor99days#sesi3#day15

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit