Wednesday, September 6, 2017

Aliran Rasa : Eza Sebagai Bintang Keluarga



Tantangan game level #7 ini semakin seru. Dengan tajuk semua anak adalah bintang, saya banyak sekali dapat pencerahan terkait materi parenting yang sangat penting dan berbobot. Diantaranya materi review game level 7 ini sangat mendalam. Bu Septi memberi judul review nya dengan “Discovering Ability”. Saya sajikan disini resume nya.

Ada 4 ranah yang dilakukan para ibu di kelas bunda sayang untuk melakukan proses pencarian potensi kecerdasan anak, yaitu:

      1.      Ranah Intrapersonal (konsep diri)
      Pada ranah ini, yang harus dikuatkan adalah : IMAN dan AKHLAK

      2.      Ranah Interpersonal (hubungan dengan sesama)
      Pada ranah ini, yang harus dikuatkan adalah : ADAB dan BICARA

      3.      Ranah Change Factor (hubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan perubahan)
      Anak harus sadar dengan peran dirinya dalam peradaban masa kini.

      4.      Ranah Spiritual (hubungan dengan Sang Pencipta-Nya)
      Spritualitas yang sesungguhnya adalah kemampuan setiap jiwa untuk hidup selaras dengan Sang         Pencipta, hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

Saat diskusi review di grup fasilitator, kami disadarkan banyak hal oleh Bu Septi, bahwa tugas menjadi orangtua memang tidak mudah dan penuh tantangan. Para orang tua memang harus belajar dan terus memperbaiki diri agar mudah saat mendidik dan mendampingi anak.


Saat Eza lahir, saya dan suami sangat bersyukur bahwa kami bisa secepat itu diberi amanah seorang putra laki-laki yang akan banyak mewarnai kebahagiaan keluarga kecil kami. Saat saya harus tetap menjalani amanah sebagai ibu bekerja di ranah publik dan domestik sekaligus, saya juga belajar kembali bagaimana cara mendidik anak yang baik. Melalui komunitas IIP inilah, saya menemukan banyak pencerahan dan figur teladan dalam komunitas yang bisa menjadi pijakan saya dalam mendidik Eza.

Sekarang usia Eza baru menginjak 3.5 tahun, jadi aktivitas game level #7 ini, saya hanya memberikan Eza kesempatan untuk mengeksplorasi banyak hal. Saya akan coba deskripiskan 4 ranah dalam sosok Eza sebagai bintang keluarga.

     1.      Ranah Intrapersonal (konsep diri)
      Pada ranah ini, Eza sudah mengenal siapa namanya, siapa orang tuanya. Sudah mengetahui juga beberapa hal yang menjadi kesukaannya terhadap sesuatu. Masih terlalu dini bagi Eza untuk mengetahui minatnya terhadap sesuatu.

     2.      Ranah Interpersonal (hubungan dengan sesama)
Pada ranah ini, saya dan suami bersyukur bahwa Eza tak kesulitan menghadapi lingkungan baru, mudah beradaptasi dengan orang banyak bahkan ART melaporkan sering melihat Eza ngobrol dengan beberapa teman saya dan suami. Alhamdulillah lingkungan kantor yang aman dan ramah anak, turut membantu Eza mengkondisikan diri menghadapi lingkungan baru.

     3.      Ranah Change Factor (hubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan perubahan)
Eza tumbuh sebagai anak yang banyak dirindukan teman-temannya dan saudaranya. Saat kemarin kami pergi ke Surabaya, temannya datang beberapa kali ke rumah menanyakan kapan Eza pulang. Saudaranya juga begitu, kalau Eza datang, pada senang dan sering kanget. Alhamdulillah semoga kelak Eza tumbuh sebagai agen perubahan yang membuat lingkungannya nyaman dan lebih baik.

    4.      Ranah Spiritual (hubungan dengan Sang Pencipta-Nya)
Pada ranah ini, Eza masih “moody” untuk beribadah. Kadang semangat shalat dan mengaji, kadang juga keenakan bermain bersama teman-temannya. Tapi dalam hal amal sosial, ia orang yang mudah berbagi dan mengalah jika berantem sama temannya, walaupun tetap menangis juga hehe. Khas anak kecil lah...

Jadi, apapun dan bagaimanapun kondisinya, Eza adalah bintang di keluarga saya dan pelengkap kebahagiaan saya dan suami. Semoga kami bisa mendidik amanah ini dengan baik dan menjadi motivator bagi kami untuk banyak belajar dan terus memperbaiki diri.

Semoga Bermanfaat

Rabu, 060917.13.05
#Tantangan10HariLevel7
#day15
#KuliahBunSayIIP
#BintangKeluarga
#odopfor99days#sesi3#day1

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit