Friday, September 1, 2017

Day 14 Game Level 7 : Sang Bintang (Sok) Pandai Berimajinasi



Kemarin saat temannya Eza yang bernama Arkan main ke rumah, saya tawarkan beberapa buku. Arkan yang usianya jelang masuk SD, senang sekali diberi buku. Ia langsung membaca buku yang disodorkan, sambil melancarkan kemampuan membacanya, sepertinya.

Eza yang melihat temannya membaca buku, tak mau kalah. Ia membuka buku itu terus ia komat kamit seperti menceritakan isi buku. Saya yang awalnya sedang mengerjakan sesuatu di laptop, langsung tak menyia-nyiakan momen langka tersebut. Saya mendokumentasikannya, mulai dari memfoto hingga merekamnya dalam bentuk video. Kelak, jika sudah besar, ia pasti mengenangnya dengan penuh rasa malu dan menjadi bahan obrolan menarik yang lucu. 

Saya takjub dengan kemampuan Eza berimajinasi, ia hanya melihat gambar yang ada dalam buku, tapi kemampuannya mengarang cerita dari gambar, membuat saya terpana. Rasanya jauh lebih baik dia yang berimajinasi dalam menafsirkan gambar, daripada membaca perkata kata-kata yang ada dalam gambar tersebut. Daya imajinasinya akan berkembang, struktur berfikir logis dan sebab akibat terbangun, dan yang paling penting kemampuan mengaitkan satu peristiwa dengan peristiwa lain dalam berbagai gambar, juga terasah.

Saya tidak merencanakan semua ini. Saya hanya mengamati, mengikuti keinginan Eza bermain dan ternyata fithrah anak itu luar biasa. Orangtua tinggal mengarahkan dan mendampingi, potensi anak pasti berkembang dengan sempurna. Jangan banyak dilarang, ikuti saja gaya belajar dan bermainnya, nanti juga akan menemukan kejadian dan kemampuan luar biasa yang dimiliki setiap anak dan berpotensi menjadi bintang dalam kehidupannya. Semoga...

Semoga Bermanfaat

Jumat, 010917.00.10
#Tantangan10HariLevel7
#day14
#KuliahBunSayIIP
#BintangKeluarga

#odopfor99days#semester2#day73

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit