Tuesday, September 19, 2017

Menjadi Contoh Penegak Kedisiplinan



Hari ini saya kembali bekerja, setelah minggu kemarin heboh dengan pernikahan keponakan, sekarang saatnya mensetting pikiran dan hati untuk kembali pada rutinitas. Rutinitas program hamil, kerjaan kantor, komunitas, urusan rumah tangga, koperasi, senam dan lain-lain yang ternyata masih menyimpan banyak peer untuk diselesaikan. Salah satu tugas saya di kantor adalah menjadi bagian dari tim kedisiplinan.

Tim ini bertugas untuk mendisiplinkan siswa dan menegakkan tata tertib siswa yang telah disusun. Tentu saja tugas ini tidak mudah, karena saya harus menjadi teladan dalam hal kedisiplinan. Tapi ini juga menjadi tantangan tersendiri karena adrenalin saya menjadi terpacu untuk menjadi yang terbaik dalam hal kedisiplinan. Di pagi hari, saat apel pagi, saya berusaha datang sebelum siswa berbaris, shalat berjamaah diusahakan di masjid bareng siswa, walau masih banyak bolongnya. Tugas saya di tim ini sangat mendukung program hamil 40 hari, semoga niatnya bukan karena menjadi bagian tim ini. Ilmu ikhlas ini masih menjadi peer saya yang tak kunjung usai.

Kegiatan Senin pagi ini adalah kumpul bersama siswa kelas XII, mengingatkan kembali tata tertib, mendata peserta yang belum tertib dan siang harinya kami melakukan proses persidangan terhadap satu siswa yang melanggar tata tertib. Siswa ini sudah pernah skorsing tapi kembali melanggar. Kami semua yang hadir di persidangan hari ini, sepakat untuk mengembalikan siswa ini pada orang tuanya. Keputusan akhir tentu ada di tangan pimpinan madrasah. Tapi jika tata tertib hanya menjadi wacana, tentu ini harus ditegakkan secara ketat agar menjadi pembelajaran untuk yang lainnya.

Maka kita menjadi apa di tempat kita sekarang, mengambil peran apa, tak pernah terjadi secara kebetulan. Kita harus menemukan tujuan kita ditempatkan dalam suatu wilayah, ditugaskan berperan sebagai apa, diberi jabatan dan amanah tertentu, itu pasti ada hikmahnya. Dan kita harus mengambil benang merahnya dari sekian peran yang kita mainkan. Saya masih meramu dan mensintesa semua kondisi dan peran saya sekarang. Semoga semuanya saling mendukung satu sama lain, dan program hamil 40 hari ini menemukan titik akhirnya nanti... Aamiin

Semoga Bermanfaat

Selasa, 190917.22.00
#ProgramHamil40HariEpisode3#Hari9
#odopfor99days#sesi3#day13

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit