Sunday, March 26, 2017

Proyek Keluarga : Berbagi Pakaian Papa



Setelah tulisan sebelumnya berhasil menyortir pakaian Eza, kali ini giliran menyortir pakaian Papa. Sebenarnya ada kejadian yang tidak terprediksi, si papa nawarin beres beres rumah bagian belakang, padahal si mba ART lagi mudik karena sepupunya menikah. Si bunda pun galau. Dari jam 8.30 pagi si papa dah mulai bongkar barang di lemari belakang, padahal dari kemarin si bunda ngejadwalin hari ini nyortir pakaian si papa. Tapi oke lah, akhirnya dibantu Eza, kami pun bongkar bagian belakang rumah. Abis itu si papa beberes kamar belakang, bongkar lemari, si bunda beberes rak piring. Untungnya Eza setelah itu juga main bareng teman-temannya jadi bisa lebih leluasa beberes.

Penyakitnya beberes, kalau satu bagian pengen diberesin pasti meluas ke bagian lain. Lemari di kamar depan, lemari di mushola dan akhirnya semua bagian lah tuh dibongkar. Untungnya sempat juga nyortir baju si papa. Mumpung si papa lagi mau beberes, biasanya nyari mood bareng yang semua mau tuh lumayan menantang, tapi hari ini tampaknya kita pada pengen di rumah aja. Sudah mah piket, yang pasti jalanan macet, dan akhir bulan pula haha jadi berada dalam rumah seharian adalah pilihan tepat untuk saat ini.

Saat nyortir baju si papa, sempat juga tuh pas si papa memisahkan bagian baju yang masih bagus tapi dimasukkan ke bagian yang untuk disumbangkan, si bunda agak protes,
“Papa, itu kan masih bagus, masih bisa dipake,”
“Bunda, ngasih itu harus yang bagus, kan nanti kita beli lagi,” balas si papa.

Iya juga sih, biasanya saya dulu berfikir nyortir baju itu, yang dipisahin adalah baju yang udah lusuh, kekecilan, udah jarang dipake, intinya memisahkan baju yang “jelek” dengan yang bagus. Tampaknya kali ini harus diubah mind set nya, menyumbang sesuatu itu harus yang terbaik, kalau perlu yang bagus bagus saja, bukan barang sisa yang tak terpakai lagi.


Hasilnya? Baju si papa yang akan disumbangkan lumayan banyak, tinggal digabung dengan pakaian si bunda. Sepertinya ga kebayang kemarin, lemari ko muat aja dengan baju sebanyak itu. Ini baju yang mau disumbangkan saja udah hampir 2 plastik besar, lemari itu cuma dua, ko cukup ya. Si papa sudah menawarkan beli lemari lagi dari kemarin, tapi ditahan tahan dulu deh. Sepertinya ke depan bukan lemarinya yang ditambah, tapi baju yang disimpan di lemari lah yang harus dibatasi. Kalau masih bagus, sumbangkan saja. Kalau memberi baju yang jelek, malu juga sih.

Alhamdulillah dapat pelajaran baru hari ini di saat menyortir baju si papa, bahwa memberikan sesuatu pada orang lain itu harus yang terbaik, bukan barang sisa. Dan kita harus mempertanggung jawabkan barang barang milik kita yang ada di dalam lemari, sudah terpakai kah semua. Jika belum, ada baiknya kita menata ulang barang milik kita agar mudah mempertanggung jawabkannya di hadapan Allah.

Semoga Bermanfaat

Ahad, 260317.12.20
#odopfor99days#part2#day48
#FasilitatorbundasayangIIP
#MyFamilyMyTeam
#IbuProfesionalIIP
#Level3ProjekKeluargaDay3

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit