Friday, March 24, 2017

Merencanakan Proyek Keluarga



Setelah mengikuti materi kuliah bunda sayang yang pertama dan kedua, tiba saatnya menuju materi sesi 3 yang lebih menantang yaitu meningkatkan kecerdasan anak. Dan tantangan game dalam level ini adalah membuat proyek keluarga. Awalnya tak pede saat membaca kisah bunda-bunda lain dengan proyeknya yang kece kece, tapi akhirnya menghibur diri sendiri bahwa setiap keluarga memiliki ceritanya sendiri-sendiri jadi saya pun mendiskusikan renccana proyek keluarga ini bersama suami.

Ada dua rencana proyek yang saya tawarkan pada suami yaitu Proyek Merapikan Perpustakaan Al Zayyan (nama gabungan keluarga kami) dan Proyek Sosial lewat Berbagi Baju.

Proyek 1 : Proyek Sosial Melalui Berbagi Pakaian
Latar belakang : kondisi lemari pakaian saya, papa dan Eza yang sudah tak beraturan, susah menyimpan baju saking banyaknya baju yang menumpuk di lemari. Mumpung ada kegiatan sosial sekolah yang diinisiasi para siswa lewat kegiatan I Care yang akan dilakukan minggu depan, maka pilihan menyortir pakaian untuk disumbangkan adalah prioritas utama agar lemari pakaian ini kembali rapi dan tak sesak lagi.


Tujuan : Menyortir Pakaian yang masih layak disumbangkan dan tidak sayang untuk membuang pakaian yang sudah tak layak pakai lagi

Aktivitas :
Saat weekend minggu ini, saya akan mengajak Eza dan papanya untuk ikut terlibat dalam proyek ini. Emaknya memang yang harus duluan berinisiatif supaya proyek ini jalan. Rencana sudah diumbar umbar beberapa bulan lalu, tapi alasan kesibukan adalah jalan teraman menyelamatkan diri dari kemalasan beberes. Aktivitas ini harus selesai minggu ini karena minggu depan, acara pelayanan sosial melalui kegiatan i care akan dilaksanakan. Semangatt...

Proyek 2 : Perpustakaan Al Zayyan
Latar Belakang : adanya lemari buku di rumah yang sudah berisi tumpukan buku dan beberapa buku sudah tak tertampung saking overload nya ratusan buku yang terpampang disana.

Tujuan : Merapikan Susunan Buku di Lemari Buku.
Sebenarnya saya menawarkan donasi buku agar lemari buku ini tak terlalu penuh, tapi suami keberatan dengan bercerita bahwa di masa kecilnya, dia senang baca buku orang dewasa dan berharap Eza akan melahap berbagai jenis buku saat waktunya nanti.

Aktivitas :
Setelah rampung dengan proyek 1 maka tiba saatnya untuk beralih ke proyek 2, saya akan melibatkan Eza dan papanya dalam merapikan buku. Biasanya saya melakukannya sendiri biar cepat, tapi kali ini akan menjadi proyek bersama yang melibatkan seluruh anggota keluarga.


Semoga Bermanfaat

Jumat, 240317.01.30
#odopfor99days#part2#day46
#FasilitatorbundasayangIIP

#MyFamilyMyTeam
#IbuProfesionalIIP
#Level3ProjekKeluargaDay1

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit