Thursday, March 16, 2017

Jodoh Pasti Bertemu



Pada hari Sabtu tanggal 11 Maret 2017, saya sekeluarga pergi ke resepsi pernikahan adiknya teman di Bogor. Kami berangkat dari Serpong pukul 06.00 pagi, lalu lintas ramai lancar, kami tiba di tempat resepsi yang bertempat di gedung wanita Bogor. Selalu menakjubkan jika menyaksikan akad nikah, perjanjian dua orang d hadapan Allah. Hanya dalam hitungan detik, dua orang yang awalnya tidak saling mengenal dan tidak boleh bersentuhan, tiba-tiba dengan akad nikah sederhana, menjadi halal dan sah sebagai suami istri.

Adiknya teman saya ini baru menemukan jodohnya pada usia 40 tahun, begitu pula usia suaminya. Suaminya adalah seorang tentara yang berasal dari Maluku tapi sudah lama bekerja di Jakarta. Keduanya dipertemukan dalam sebuah perkenalan yang digagas teman sang istri. Saya selalu penasaran dan sering dibuat terkagum kagum oleh sebuah kata yang namanya JODOH.
Saat belum menikah, saya beberapa kali taaruf dengan berbagai jenis laki-laki. Rasanya melelahkan dan nyaris putus asa. Tak kuat rasanya melabuhkan harapan dari satu laki-laki ke laki-lain yang bertaaruf dengan saya. Berbagai tekanan sosial yang mengganggu melalui pertanyaan “Kapan?”, nyaris membuat saya malas untuk menghadiri pertemuan keluarga, pernikahan teman, reuni dan pertemuan-pertemuan lainnya.

Setelah menikah, saya berusaha berempati pada teman-teman yang belum menikah. Bagaimanapun, saya pernah berada pada posisi itu. Maka berusaha tak menanyakan “Kapan?”, adalah salah satu usaha saya dalam rangka berempati pada mereka. Maka saat mendengar adik nya temannya ini akan menikah pada usia matang, saya dan suami antusias untuk menghadirinya.


Saya kenal dekat dengan sang pengantin wanita. Betapa kesabarannya dalam menanti jodoh, kesibukannya melayani umat di tempatnya bekerja, nyaris jarang mengeluh dengan berbagai kesederhanaan yang dijalaninya, berbuah manis dan indah dengan datangnya jodoh pada saat yang tepat. Jodohnya ini seolah-olah bonus dari Allah atas segala kesabaran dan kesyukurannya dalam menerima takdir Allah.

Jadi, berkaca dari pengalaman teman saya ini, yakinlah bahwa jodoh itu adalah rahasia Allah yang akan datang pada saat yang tepat dan indah. Tugas kita hanyalah berdoa dan memantaskan diri dalam menjemput jodoh terbaik dari Allah. Jodoh ini tak mungkin tertukar dan doa itu pasti dikabulkan karena Allah Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan semua permintaan. Pasti, jika waktunya tiba, suka atau tidak suka, mau tidak mau, kita pasti akan dipertemukan dengan jodoh kita. Jadi, yakinlah bahwa jodoh pasti bertemu. Tak layak rasanya jika kita mengeluhkan nasib atau jodoh yang tak kunjung tiba, sementara nikmat dan kebaikan Allah jauh lebih banyak daripada jodoh atau ujian lain yang belum kita dapatkan.

Semoga Bermanfaat

Kamis, 160317.08.35

#odopfor99days#part2#day36

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit