Wednesday, March 1, 2017

Belajar Melepas Celana


Setelah melatih Eza makan sendiri dan memakai sepatu, ternyata anak itu punya dunianya sendiri, punya ritmenya sendiri yang berbeda dengan apa yang kita fikirkan. Saya awalnya akan melatih kemandirian ini pada dua aspek saja yaitu makan sendiri dan memakai sepatu sendiri. Tapi ternyata Eza pengen mencoba hal lain yaitu belajar membuka baju dan celana sendiri.

Saat mau mandi tadi pagi, saya memintanya untuk membuka baju dan celana nya sendiri. Mungkin karena masih ngantuk, Eza membuka celana sambil tiduran. Alhamdulillah sukses. Tapi saat akan membuka baju, ia bolak balik antara membuka baju nya ke arah kepala trus ke belakang atau melepas tangannya dulu. Saking stress nya karena belum berhasil melepas baju, ia pun teriak dan hampir menangis. Saya langsung menawarkan bantuan, “Boleh bunda bantu?” ia pun mengiya kan.

Saya baru ingat, saat akan melatih kemandirian Eza, saya fokus pada target, tapi tidak memberitahu proses dan cara nya. Saya berharap ia akan bisa melakukannya langsung secara mandiri, padahal anak tetaplah anak, yang perlu diajari, perlu diingatkan dan perlu berproses untuk bisa sampai tahap mandiri.

Jadi tantangan ke depan, melanjutkan dalam melatih kemandirian membuka baju dan celana, sambil memberitahu cara nya. Hari ini baru berhasil melepas celana, itu pun dengan penuh perjuangan, besok semoga berhasil melepas bajunya sendiri. Semangaattt...
Semoga Bermanfaat

Rabu, 010317.17.17
#level2day7
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#FasilBunsay

#odopfor99days#part2#day27

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit