Friday, March 3, 2017

Melatih Kemandirian Bersosialisasi


Saya ingat waktu kecil, kalau di rumah ada tamu itu saya ga suka banget. Merasa terganggu, sulit memulai pembicaraan, merasa tak nyambung dengan obrolan mamah dan tamunya dan lain lain. Akibatnya saya jadi sering menyendiri dan tak suka ngumpul bareng bareng. Paling pas usia SD itu, saya punya beberapa teman dekat saja.

Menjelang SMP, mulailah saya berkenalan dengan lebih banyak teman di pesantren. Di sinilah saya mendapatkan haid pertama, mulai suka dengan lawan jenis, pas liburan jalan jalan ma teman teman. Ternyata untuk bersosialasi itu, butuh teman yang benar benar nyambung dan seringkali untuk saya, yang “seumuran”.

Sejak menikah, suami itu seneng banget ngobrol. Diluar rumah, ia simpan meja dan kursi agar orang senang bertamu. Eza jadi terbiasa ketemu dengan banyak orang, bahkan tiap pagi kalau sudah bangun tidur, ia langsung ke depan rumah, menyapa ART depan rumahnya. Saya sering ajak Eza juga mengikuti forum forum yang diikuti banyak orang seperti pengajian rutin Jumat pagi di kantor kami. Alhamdulillah Eza jadi tidak takut ketemu banyak orang.

Ada beberapa hal yang saya lakukan agar kemampuan bersosialisasi Eza terlatih, diantaranya:
      1.      Beri contoh sering menyapa tetangga sekitar
      2.      Mengajak Eza bermain dengan teman di sekitar rumahnya
      3.      Mengajak Eza menghadiri playdate komunitas parenting
      4.      Mengajak Eza menjenguk temannya, jika ada yang sakit
      5.      Mengajak Eza menghadiri acara pengajian rutin setiap Jumat pagi
      6.      Membiarkan ia main ke rumah temannya, tanpa didampingi
      7.      Mengajarkan dan mencontohkan ucapan salam
      8.      Mengingatkan Eza untuk menelpon nenek kakeknya dan mbahnya di Kudus
      9.      Karena bertetangga dengan orang Mesir, Eza dilatih untuk mengantarkan makanan ke rumah Syaikh, akhirnya malah sering main lama dengan Syaikh di rumahnya. Ga tau juga itu ngapain aja, biasanya minta makanan
      10.  Karena saya dan suami tinggal di rumah dinas sekolah boarding school, jika ada siswa datang ke rumah, Eza seneng banget kalau diminta membukakan pintu dan menanyakan mau ketemu saya atau suami

Foto diatas diambil saat Eza mengamati teman teman saya saat membersihkan kolam ikan. Saya tinggal sebentar ke rumah, membiarkan dia mengamati yang sedang membersihkan kolam ikan, dan saat saya kembali, alhamdulillah dia ga menangis walo di sekitarnya tak ada anak kecil, orang dewasa semua. Semoga Eza jadi terbiasa ketemu banyak orang, berani berekspresi, ga seperti saya dulu yang takut kalo ketemu tamu orang tua atau tak berani bicara depan umum.


Semoga Bermanfaat

Jumat, 030317.16.25
#level2day9
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#FasilBunsay

#odopfor99days#part2#day29

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit