Thursday, January 7, 2016

Sunatan jelang usia 2 tahun

Tahun baru kali ini harus kuhadapi dengan ikhlas ga kemana mana. Anakku yang mau berusia 2 tahun di bulan depan februari, akhirnya disunat di hari Selasa tanggal 29 des 2015 kemarin.

Jadi ceritanya, anakku Eza itu dah mengeluh sakit kalo pipis itu dari beberapa bulan kemarin. Kalau mau pipis tuh, kaya mau nangis deh sambil nahan nahan pahanya gitu. Akhirnya kita pergi ke dokter, periksa periksa, ternyata kata dokter ada infeksi, tapi ga mesti disunat. Dikasih antibiotik sama obat anti nyeri, kita pun pulang. Tapi kita pengen dapet second opinion, kita pun konsul ke dokter lain, dokter yang dines di tempat kerja kami, dapet deh second opini, katanya eza kena fimosis, kaya infeksi saluran kencing gitu, dan solusinya adalah khitan. Saya dan mas, sebenarnya belum pengen eza disunat, ntar lah agak gedean dikit, kira kira 4 atau 5 th an gitu umurnya. Maka setelah minum obat dan eza keliatan baik baik aja, kami pun senang dan melupakan agenda khitan.

Pas mudik ke tasik di hari rabu tanggal 24 desember 2015, eza kambuh lagi, kaya kesakitan kalo pipis, dan penis nya kaya luka gitu. Akhirnya ke mantri lagi, dikasih antibiotik, katanya kalau setelah minum obat trus sembuh, ga usah khitan, tapi kalau setelah minum obat masih ga ada perubahan, boleh deh disunat. Kami pun fokus pada pengobatan eza, sejenak melupakan agenda khitan, tapi sambil tanya sana sini, sodara yg anaknya dah khitan.

Pas hari Selasa tanggal 29 desember 2015, kami nyoba pergi ke klinik khitan di tasikmalaya jam 10 pagi, tadinya Cuma mau periksa aja, pengen tanya pendapat dokter yang biasa meng khitan, eza nih sebenarnya harus dikhitan ga. Dan ternyata kata dokternya, lebih baik dikhitan aja. Karena kalau ngga, bakal kambuh terus. Akhirnya kami pun daftar khitan, dapet jadwal jam 4 sore itu juga.

Dalam penantian menuju jam 4 pagi, saya sama mas galau dot com gitu, tegang dan antara tega ga tega ngadepin khitanan nya d ez. Ga nyangka bakal secepat ini. Dah ngabarin mbahnya eza di kudus, tetep aza mas deg degan.

Setelah shalat ashar, kami pun berangkat ke klinik khitan, bawa pasukan deh ber 6. Sempet nunggu lama, tepat jam setengah lima kurang lima, eza dipanggil. Kami sebagai orangtuanya, makin galau karena ga boleh masuk menyaksikan momen terpenting dalam salah satu episode hidup eza. Saya ngeledekin mas, sambil pegang dadanya, dia pun tersenyum, tegang banget katanya. Saya pun mencoba mengusir kegalauan dengan berfoto depan klinik, mencoba membunuh waktu, berharap setelah foto, eza selesai disunat. Ternyata belum juga. Butuh waktu kurang lebih 20 menit, kami menyaksikan eza keluar digendong perawat sambil menahan sisa tangisnya, dan memanggil ‘da, da’ yang artinya saya, bundanya. Seolah olah dia mau ngomong, “bunda tega banget ninggalin aku di dalem sendirian, ga ditemenin”. Langsung dinenenin, mas nyoba mengabadikan momen itu dengan foto. Jam 5 lebih, kami keluar dari klinik khitan tersebut, setelah berpose ria depan klinik nya.

Malam harinya adalah malam yang paling menyiksa buat kami, orang tuanya. Eza sering nangis, merasa ga nyaman tidur, terbangun di malam hari, dah nenen masih tetap nangis. Bahkan mas sempet bangunin abah, ayah saya, karena sampe jam 1 malem, eza belum juga kencing sejak dikhitan sore tadi. Papa nya eza khawatir banget, abah pun menenangkan bahwa eza akan baik-baik saja. Malam ini, tidur kami tak nyenyak, memastikan posisi tidur eza tak mengganggu penisnya yang disunat. Barulah setelah subuh, eza pipis. Lega lah kami, setelah itu eza pun tidur nyenyak banget. Alhamdulillah. Saya sempet berkonsultasi dengan beberapa temen yang jadi dokter, boleh ga sih yang disunat ini dimandiin, ada yang bilang jangan agar lukanya kering, ada juga yang bilang ga masalah mandi karena ga ada hubungannya dengan cepat tidaknya luka nya kering.

#ODOPfor99days #day1

2 comments:

  1. Anak saya juga sama persis bun.. Gpp kah di khitan pas lagi tititnya sakit gini? Atau nunggu obat habis & tititnya sembuh?

    ReplyDelete
  2. bunda anak saya jg sama kayak anak bunda..mau tanya stelah khitan pake celana apa?supaya celana nya ga bersentuhan sm.penisnya.. apa celana khitan?pakai pamoers ga bunda?anak ku jg mau disunat skrg umur 2 thn 3 bulan..sumpah aku galau banget

    ReplyDelete

Postingan Favorit