Friday, January 8, 2016

Resensi Buku : Bukan Emak Biasa


Judul Buku           : Bukan Emak Biasa : Refleksi Psikologis Pengasuhan 
Penulis                 : Fitri Ariyanti Abidin
Penerbit                 : PT Kaba Media Internusa
Tahun Terbit          : 2015
Jumlah Halaman   : 228

Menjadi ibu bukanlah pertanda episode belajar telah selesai dan fokus untuk ke rumah tangga, justru episode seru barulah dimulai, yaitu episode mengasuh dan membesarkan anak. Banyak ilmu yang harus kita pelajari agar anak kita bisa berkembang optimal dan sesuai dengan tuntunan Al-Quran. Karena kita tak pernah secara khusus diajari untuk mengasuh anak, maka ilmu ini tetaplah harus dipelajari secara serius, dan pastinya otodidak. Maka membaca buku salah satu sarananya. Kita tak perlu membaca seluruh teori perkembangan anak, cukup dengan membaca pengalaman para ibu lain yang sudah melakukannya lebih dulu. Salah satunya buku ini.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan penulis di blog www.fitriariyanti.com. Niat awal menulisnya adalah untuk sharing pengalaman dan cerita di balik pengasuhan anak-anaknya. Tapi karena animo pembacanya tinggi, akhirnya tulisan di blog tersebut pun dibukukan.


Buku ini  dibagi dalam 6 bagian berikut
     1. Penghayatan
Membahas tentang Nyala api kehidupanmu, nikmatilah, Merenungi Marah kita pada anak, Anak les ini dan itu, tanda orangtua cemas? Bahagia buat siapa? Happy and Success Working Mom, Yang tidak boleh di”nanti”kan, Kala anak kita bicara gamblang, Keluarga, Prioritas atau Excuse? Dan masih banyak lagi sub judul yang menarik lainnya.

2. Unconditional Love
Sub judul : Jangan Main-main dengan kata “Sayang”, Saat Anak kita bermasalah, Ketika Anak kita mengalami kegagalan. 

     3. Basic Parenting Skill
Sub judul : Jangan puji anak kita “hebat”, Mengajarkan empati pada anak, kapan dimulai? Mendengar (kan), Belajar bangga dari Si Franklin, Saat anak merasa takut dan masih banyak lagi sub judul lainnya.

     4. Dinamika Perkembangan Anak
Sub judul :  Berkata “tidak” pada si terrible two, mengenal si 2 tahun, mengenal si tantrum, pemeriksaan psikologi kesiapan masuk SD, U Ka Ka, dan lain-lain.

     5.  Menghadapi Persoalan Anak Masa Kini
Sub judul : Kita bukan korban, internet dan anak: steril atau smart?, Bukan bekal kondom, dan lain-lain.

6. Partner Ibu : Ayah dan Guru
Sub judul : Besar dan kecil : belajar dari despicable me, peran ayah pada tumbuh kembang anak, learning to live together dan lain-lain.

Sang penulis yang bernama lengkap Fitri Ariyanti, lahir di Bandung 21 Februari 1979. Lulus dari SMA tahun 1997, ia melanjutkan pendidikan ke Fakultas Psikologi UNPAD dan tahun 2001 melanjutkan pendidikannya ke program profesi psikolog dan lulus menjadi psikolog tahun 2004. Tahun 2005, ia mulai berkiprah dengan menjadi dosen di almamaternya. Tahun 2007-2009, ia melengkapi pendidikan magister dengan majoring klinis anak. Semasa kuliah, saya mengenalnya saat aktif di Karisma Salman ITB. Menikah dengan Basuki Rahmad, yang dikenalnya saat di Karisma Salman, mereka pun dikarunia 4 orang anak.

Buku ini menarik karena based on pengalaman penulisnya saat menghadapi keempat anaknya. Dengan ilmu psikologi yang dikuasainya, sang penulis berhasil meramu berbagai teori psikologi menjadi sesuatu yang simpel dan mudah dipahami. Dan langsung dipraktekkan pada kasus-kasus yang dialami keempat anaknya, atau yang dialami oleh klien yang ditanganinya.

Kalaupun ada yang kurang dari buku ini, menurut saya tema-tema dalam bab tersebut kurang terstruktur. Karena ini adalah kumpulan tulisan di blog, yang dari awal tidak direncanakan untuk menjadi sebuah buku, maka tahapan perkembangan anak untuk setiap usia nya, tak semuanya ada. Maka saya berharap ke depan, sang penulis bisa lebih merencanakan dengan lebih sistematis untuk buku ketiganya.

Selamat dan tetap semangat ... terima kasih atas sharing nya yang bermanfaat untuk ibu yang masih harus banyak belajar seperti saya.


NB: bagi yang mau pesan buku ini, inbox ya … numpang promo hehe

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit