Saturday, January 23, 2016

Resensi Buku : Happiness Laboratory


Judul Buku           : Happiness Laboratory, Dimanakah Kebahagiaan Diciptakan?
Penulis                 : Urfa Qurrota Ainy
Penerbit               : Self Published (Samudra Books)
Tahun Terbit       : 2015
Jumlah Halaman  : 1
91

Buku ini diibaratkan penulisnya sebagai laboratorium untuk meracik kebahagian. Setiap orang berbeda beda dalam mendefinisikan kebahagiaan. Banyak dari kita yang baru bahagia saat punya uang banyak karena bisa membeli apapun yang kita mau. Ada yang bisa bahagia kalau menikah dan punya anak, sehingga saat dilanda kesendirian dan belum menemukan pasangan, bawaannya galau saja (tunjuk diri sendiri saat masih jomblo dulu hehe). Beberapa dari kita yang haus kekuasaan, baru berbahagia saat diberi jabatan dan menjadi sosok yang dihormati, sehingga saat jabatannya dicopot atau masa jabatannya habis, stress lah pikiran dan badannya sehingga jadi sakit ujungnya.

Nah buku ini menawarkan aneka ramuan untuk berbahagia. Ada 8 ramuan yang dikupas habis dalam buku ini yaitu Cinta dan Pernikahan, Merayakan Hidup, Sudut Pandang Lain, Interaksi Manusia, Membela Harapan, Berlari Menuju Tuhan dan Happiness Laboratories. Dengan satu aturan jitu dari Leo Tolstoy yaitu If you want to be Happy, be ... Kalau Anda Ingin Bahagia, ya Berbahagialah ...


Pada ramuan pertama, kita diberikan pencerahan tentang Berbahagia melalui jalan cinta dan pernikahan yang terdiri dari beberapa “resep” seperti Mensyukuri Cinta, Bijak Memahami Perbedaan, Belajar dari Power Bank dan lain lain. Ada yang galau pengen nikah tapi masih kuliah? Temukan resep nya di Menikah dan Kuliah.

Selanjutnya tentang merayakan hidup, hanya ada 5 resep yaitu menikmati perubahan, menikmati rasa lapar, menikmati kebodohan, menikmati kesendirian dan menikmati mandi. Intinya menurut sang penulis, selalu ada hal-hal yang bisa disyukuri setiap hari, sekecil apapun. Dan akumulasi rasa syukur inilah yang akan mewujud menjadi kebahagiaan yang tak terkira. Begitulah resep dan ramuan untuk merayakan hidup.

Pada resep Interaksi Manusia, diawali dengan happynotes keren yaitu “Kebahagiaan itu menular. Orang-orang yang dikelilingi orang yang bahagia cenderung lebih bahagia di masa yang akan datang. Itu berarti dua hal: Kalau kamu ingin lebih bahagia, berkumpullahh dengan orang-orang bahagia; dan kalau kamu lihat temen kamu sedang sediih, ajak temanmu ke dalam lingkaranmu, lalu tularkan kebagiaanmu padanya. Selanjutnya pembahasan menarik pun dikupas tuntas seperti ketika kamu merasa kecewa, Selamat Datang di Zona Selamanya teman, Bahagia di dunia Maya dan dunia nyata, rumah, dan lai  lain.

Lalu tentang membela harapan, beberapa hal filosofis pun disinggung seperti tentang ekemenangan, teori layang-layang, mengingat kenangan bahagia, secangkir kopi hitam dan lain-lain. Sang penulis mengajak pembacanya untuk bersikap optimis karena konon orang yang optimis lebih berhasil cita-citanya, lebih puas dengan hidupnya serta lebih sehat secara  fisik dan mental dibandingkan orang pesimis.

Lalu resep paling jitu adalah berlari Menuju Tuhan, yang menggali lebih dalam tentang makna pennerimaan, ruang kosong, penggemr suasana dan lain-lain

Bagian terakhir berisi lima tulisan terpilih hasil seleksi Happiness Laboratories, hasil karya mreka yang sudah memiliki laboratorium kebahagiaannya sendiri.

Profil penulisnya tak akan ditemukan lengkap di buku ini. Mungkin sang penulis ingin para pembacanya menerka sendiri dan menemukan kebahagiaan juga saat menemukan profil penulisnya. Tapi semoga cetakan berikutnya sudah dilengkapi profil penulisnya ...  

Penulis adalah putri dari Bapak Tate Qomaruddin dan Ibu Yusi Fitri Mardiyyah. Menikah dengan M. Ahsan Ibadurrahman, teman satu SMP nya, mereka dikaruniai seorang putri bernama Aufina Tsurayya Hisan. Saat menulis buku ini, penulis adalah mahasiswi Psikologi Unpad yang memutuskan menikah muda pada saat berusia 20 tahun dan masih kuliah semester 4. Ohya urfa ini adalah murid saya saat ia bersekolah di MAN tempat saya mengajar saat ini.

Selamat ya urfa atas terbitnya buku ini. Dan terima kasih juga atas kiriman buku gratisnya, membuat saya sangat bahagia hehe ... ditunggu buku buku berikutnya. Yang mau pesan buku ini, silakan hubungi fb penulisnya ya ...


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit