Tuesday, January 26, 2016

Bahasa Arab? Kereen Abiss


Saat ini, para orangtua lebih suka jika anaknya belajar Bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Jepang, Korea dan lain-lain. Sementara Bahasa Arab, dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak. Dianggap kuno lah, dipandang kurang bergengsi lah, kurang bermasa depan dan  masih panjang daftar alasan lain yang menyebabkan para orang tua masih kurang berminat mendaftarkan anaknya untuk kursus Bahasa Arab.

Padahal, Bahasa Arab lah yang dipilih Allah untuk berkomunikasi dengan segenap umat manusia, dari zaman dulu hingga zaman sekarang. Allah pasti Maha Tahu, ada ratusan juta Bahasa di muka bumi ini, tapi ternyata Bahasa Arab lah yang dipilih Allah untuk digunakan dalam Al-Qur’an. Pasti ada alasan kuat yang melatar belakanginya. Tak mungkin hanya kebetulan saja jika Bahasa Arab dipilih Allah untuk menjadi petunjuk umat manusia dalam kitab suci terlengkap dan ter-orisinil sepanjang masa.


Berikut adalah beberapa keistimewaan Bahasa arab, yang mungkin masih banyak lagi keunggulan, keunikan dan kelebihan Bahasa Arab ini dibanding Bahasa lainnya:
1 1. Rumpun Bahasa Semit
Bahasa di kawasan jazirah Arab dikategorikan sebagai rumpun Bahasa semit (Semit Linguistic Families). Di kawasan ini ada beberapa Bahasa yang pernah ada, seperti Bahasa Akkadia atau Babilonia, Asiria, Aramaik dan lain lain. Sebagian besar Bahasa-bahasa tersebut sudah musnah, hanya Bahasa Arab yang masih bertahan dan masih digunakan baik lisan maupun tulisan.
2 2. Bahasa resmi beberapa negara
Bahasa arab merupakan Bahasa resmi yang digunakan di beberapa negara, terutama yang tergabung dalam Liga Arab di Asia Barat dan Afrika Utara. Bahasa Arab juga menjadi Bahasa untuk satu miliar umat islam, Bahasa kebudayaan Islam yang diajarkan pada ribuan sekolah diluar dunia Arab.
3 3. Bahasa Al-Qur’an
Inilah alasannya mengapa Bahasa Arab masih digunakan oleh milyaran orang di muka bumi ini, karena ia menjadi Bahasa Al Qur’an. Dominannya Bahasa Arab di kawasan jazirah Arab, karena Al Qur’’an berbahasa Arab.
4 4.   Bahasa Suci
Banyak ritual ibadah yang menggunakan Bahasa Arab seperti shalat misalnya. Seluruh kaum muslim harus shalat dengan menggunakan Bahasa Arab. Karena itulah Bahasa Arab dianggap sebagai Bahasa suci karena dibaca dalam berbagai rangkaian ibadah.
5 5.  Bahasa berusia tua
Banyak Bahasa yang seusia dengan Bahasa Arab, sudah musnah dan tak digunakan lagi. Hanya Bahasa Arab yang bertahan dan masih dipelajari di berbagai belahan bumi ini
66. Bahasa Arab adalah Bahasa yang paling banyak diserap
Hampir semua Bahasa di dunia ini banyak menyerap kata-kata dan istilah Bahasa Arab seperti istilah alcohol, aljabar, dan lain lain
77. Bahasa Arab memiliki jumlah perbendaharaan kata yang paling banyak
Bahasa Arab memiliki perbendaharaan kata yang sangat kaya. Sebagai contoh, salah satu peneliti Bahasa Arab mengemukakan bahwa orang Arab punya 80 sinonim untuk kata yang bermakna unta dan punya 200 sinonim untuk kata yang bermakna anjing.
88. Bahasa arab adalah Bahasa yang memiliki huruf bermakhraj asli, tidak berubah-ubah, contohnya makhraj lafadz كتب (dibaca kataba), sementara pada Bahasa inggris, misalnya kata foot dibaca fut
99. Bahasa arab adalah Bahasa yang maju dan kaya, dari segi keindahan makna, susunan kata dan kedalaman maknanya. Al-Qur’an adalah buktinya, hingga sekarang masih menjadi pembahasan menarik yang menghasilkan jutaan buku setiap tahunnya.
110. Bahasa Arab adalah Bahasa peradaban dan Bahasa ilmu pengetahuan.
111.  Bahasa Arab diucapkan dari hidung sampai tenggorokan, sedangkan Bahasa lain hanya diucapkan dari hidung dan mulut saja
112.  Bahasa arab adalah Bahasa yang mempunyai harokat. Dengan ataupun tanpa harakat, Bahasa Arab tetap bisa dibaca. Sedangkan Bahasa lain, konsonan hurufnya mati. Susunan huruf hanya bisa dibaca dengan adanya huruf lainnya
113.  Dalam Bahasa Arab, setiap kata dalam satu kalimat dapat dijadikan pembahasan atau ilmu baru, contoh laadz basmalah. Kata bismi, dapat dibahas dalam ilmu tajwid, lafadz Allah dapat dibahas dalam kajian ilmu tauhid, Ar Rahman dan Ar Rahim merupakan bahasan tentang asmaul husna
114.  Bahasa arab adalah Bahasa yang ringkas, singkat tapi bermakna, contoh أم ummun artinya ibu, dua huruf tapi bermakna mendalam, bahkan satu kata ه  (hu) saja sudah bermakna kata ganti dia (laki-laki), yang juga dapat menjadi kajian tasawuf.
115.  Bahasa Arab memiliki fungsi dan dimensi spiritual yang tidak dimiliki Bahasa lain. Hal ini diperkuat dalil dalam surat Az-Zumar ayat 28, “Al-Qur’an yang Berbahasa Arab, yang tidak memiliki kebengkokan, agar mereka bertakwa”.
Artinya orang yang menghayati interaksinya dengan Al-Qur’an, akan merasakan ketenangan dan kedamaian, bahkan saat kita mendengarkan para qari membaca Al-Qur’an saja, hati kita bisa menangis dan bergetar. Al-Qur’an yang berbahasa Arab pun dapat mengantarkan seseorang menjadi orang yang baik, bertakwa, dekat dengan Allah dan dapat menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang dialami.

Demikianlah keunikan, keistimewaan dan keunggulan Bahasa Arab yang seharusnya membuat bangga kita sebagai umat muslim. Sehingga belajar Bahasa Arab juga seharusnya menjadi agenda wajib bagi kita yang mengaku muslim, karena kitab suci kita berbahasa Arab.

(dari berbagai sumber)

#keunggulanbahasaarab

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit