Thursday, January 7, 2016

Mengapa Harus Berenang?


Liburan di akhir tahun 2015 ini menyimpan cerita suka dan duka. Cerita suka karena seminggu pertama liburan, saya berhasil mengajak Eza berenang dua kali, pertama di WP Ciawi Tasikmalaya dan yang kedua di Waterboom Sukahaji Ciamis. Cerita duka, karena di minggu kedua liburan ternyata Eza harus disunat dan itu sungguh membuat hati berdebar debar, tegang dan rasanya ga tega membiarkan dia disunat dalam usianya yang belum genap dua tahun.

Kali ini saya akan cerita tentang episode Eza berlibur dengan berenang. Banyak pendapat para ahli mutakhir yang mengungkapkan bahwa sebaiknya bayi diajarkan berenang sedini mungkin, ada yang mengatakan bisa dimulai sejak usia 4 bulan, ada yang mengatakan sejak usia 6 bulan. Eza sendiri, sudah dibelikan kolam indoor sejak usianya 6 bulan. Beberapa kali diajak nyebur, walau kadang menolak karena kedinginan.


Rasulullah sendiri menyebutkan ada 3 keterampilan yang harus diajarkan pada anak yaitu berenang, memanah dan berkuda. Hebatnya, manfaat berenang pada anak sejak dini baru-baru ini dibuktikan secara ilmiah. Tim peneliti dari Griffith Institute for Educational Research, Australia menyatakan belajar berenang pada usia dini membuat anak meraih perkembangan lebih cepat pada area kognitif, fisik dan bahasa.

Senada dengan hasil penelitian tersebut, Pelatih renang profesional asal Australia, Laurie Lawrence mengungkapkan manfaat lain  mengajarkan anak berenang sejak dini. Selain membuatnya terbiasa dengan air sehingga mengurangi risiko dirinya tenggelam, berenang sejak dini juga berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan si anak.

Manfaat lainnya adalah melatih perkembangan motorik, melatih rasa percaya diri dan keberanian, melatih perkembangan kemampuan kognitif (dengan terbiasa mengikuti intruksi), meningkatkan IQ, melatih kemampuan sosial anak, yaitu lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain serta ternyata dapat mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur anak.

Karena itulah saya bersemangat sekali mengajak Eza berenang di akhir tahun 2015 kemarin. Agenda liburan berenang yang pertama kita lakukan di WP Ciawi Tasikmalaya. Di hari Sabtu yang ceria di tanggal 26 Desember 2015, bersama sepupu sepupunya Eza pun menikmati suasana berenang, walau kadang minta naik terus dari kolam, entah karena kedinginan, entah karena ketakutan. Disini, saya tidak turun ke kolam, saya biarkan papa nya Eza yang mengambil alih peran mendampingi Eza berenang.

Belum puas dengan suasana berenang pertama, kami keluarga besar pun kembali mengunjungi kolam renang di hari Senin tanggal 28 Desember 2015. Penasaran dengan wahana baru di Waterboom Sukahaji Ciamis, kami pun meluncur. Dengan tiket masuk 15.000 rupiah saja, kami sangat puas menikmati wahana yang ada di waterboom ini. Saya kali ini tak tahan, turun ke kolam renang bareng papa nya Eza, membawa Eza menikmati wahana yang ada di tempat ini. Serodotan, air mancur, yang meluncur dari atas tuh apa namanya, kami coba kenalkan asyiknya berenang di tempat ini. Berharap, dengan dikenalkan sejak kecil pada berenang, kelak Eza bisa terampil berenang.

Dan kalau diingat ingat, ternyata eza berenang sehari sebelum sunatan. Kami memang tak merencanakan eza dikhitan pada liburan akhir tahun kemarin, tapi hikmahnya adalah bahwa eza masih bisa menikmati asyiknya berenang, masih sempet silaturahmi ke tetangga dan jalan-jalan. Alhamdulillah.


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit