Wednesday, April 27, 2016

Tamu Aneh



Sekolah tempat saya bekerja merupakan sekolah favorit yang sering dikunjungi banyak tamu dari berbagai kalangan. Setiap minggu, ada saja tamu yang datang berkunjung ke sekolah kami, baik untuk studi banding maupun sekedar melihat lihat untuk survei sekolah. Biasanya saya tak terlalu peduli pada tamu-tamu yang datang karena sudah ada bagian yang menanganinya. Tapi kemarin ada pemandangan aneh yang saya temukan pada seorang tamu yang ingin bertemu dengan pengurus masjid. Aneh karena sangat jarang sekali tamu yang datang ke sekolah kami dan mencari pengurus masjid. Biasanya yang dicari adalah kepala madrasah atau bagian humasnya.

Saat saya tanya darimana ia datang, ia menjawab dari Indonesia wilayah timur, katanya dia mencari pengurus masjid untuk sebuah keperluan. Singkat cerita, saya pun melupakan tamu itu dan kembali beraktivitas seperti biasa. Esoknya, suami baru cerita ternyata dia sempat ketemu tamu itu karena dipanggil oleh salah seorang pimpinan untuk menemui tamu tersebut. Ternyata tamu itu ingin menggelar sajadah dalam rangka memobilisasi bantuan untuk proposal yang tak jelas. Tak jelas karena saat suami membaca proposal tersebut, ternyata itu proposal pembangunan masjid tahun 2010 dan masih banyak lagi keanehan lain. Suami tentu saja tak mengijinkannya. Dan marahlah tamu tersebut saat keinginannya untuk meminta bantuan dengan caranya, tak diijinkan.


Lalu tamu tersebut meminta bertemu kepala madrasah, suami pun mengatakan kepala madrasah sedang keluar. Tamu tersebut berceloteh macam macam, mengatakan kecewa terhadap umat islam yang tak ringan tangan membantu saudaranya yang membutuhkan bantuan dan lain-lain. Tapi anehnya, tamu tersebut menggunakan taxi dan taxi tersebut menunggu sang tamu hingga urusannya beres. Padahal tamu tersebut datang dari siang hingga jelang sore. Sungguh tamu yang aneh, apa motifnya hingga ingin meminta bantuan dengan cara seperti itu dan di sekolah yang dikenal baik kredibilitasnya. Andai dia mengerti, justru sikapnya yang seperti itulah yang mempermalukan citra islam di mata umat lain. Semoga tamu tersebut tak datang lagi dan semoga dapat memperbaiki sikapnya sehingga dapat menampilkan citra islam dan muslim yang baik.


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit