Tuesday, May 3, 2016

Resensi eBook: 24 Cara Menjadi Milyarder




Judul                : 24 Cara Menjadi Milyarder

Penulis             : Tung Desem Waringin

 

Adanya kewajiban dalam islam untuk bersedekah dan zakat, sesungguhnya merupakan perintah tersirat agar orang islam itu menjadi orang kaya dan tidak menjadi orang miskin. Buku ini merupakan salah satu buku yang membahas tips dan trik menjadi milyarder yang memaparkan 24 cara menjadi milyarder.

 

24 cara untuk menjadi milyarder menurut penulis buku ini adalah :

1.      Selalu mempunyai nilai tambah

Kita harus selalu mempunyai nilai tambah dalam hidup. Apapun bidang yang kita jalani, kita harus memberikan pelayanan terbaik pada siapapun

 

2.      Gunakan faktor kali

Yang dimaksud faktor kali adalah sesuatu hal yang sekali kita sentuh akan berefek multiplier. Orang kaya memiliki nilai tambah dan dikalikan sehingga banyak orang yang merasakan nilai tambah tersebut.

 

3.      Peluang ada dimana mana

Apa yng kita lihat, sebenarnya bisa menghasilkan uang baik buat kita maupun bagi orang lain, jadi harus peka dan buka mata terhadap peluang apapun yang ada di hadapan kita.

 

4.      Be, Do, Have

Menjadi, melakukan dan mempunyai. Jadilah mempunyai sikap, watak dan cara berfikir orang kaya, kemudian lakukan tindakan dan kebiasaaan orang kaya, maka baru kita bisa memiliki kekayaan dengan aman dan terus berkembang.

 

5.      Belajar, bukan menyalahkan (BEJ)

B adalah blame atau menyalahkan orang lain, E adalah excuse atau mencari alasan untuk setiap kegagalan dan J adalah menghakimi atau membenarkan kesalahan,

Orang sukses adalah orang yang selalu ingin belajar, bukan yang memiliki sifat dan sikap BEJ.

 

6.      Alam semesta itu berlimpah, tidak ada kekurangan, kecuali di dalam pikiran sendiri

Berlimpahnya sumber daya yang ada di alam semesta kita ini seharusnya membuat kita banyak berfikir untuk mengolah yang ada menjadi sesuatu yang menghasilkan.

7.      Yang memberi, pasti menerima

Semakin banyak memberi, maka semakin banyak menerima. Maka semakin banyak kita memberikan nilai tambah pada diri kita, apalagi dikalikan, maka kita akan semakin kaya dengan cepat.

 

8.      Win Win

Win pertama adalah memastikan orang lain bahagia dulu baru kita akan mendapatkan win yang kedua ... jangan sampai ada pemikiran kita yang harus win, orang lain harus kalah. Kalau kita membahagiakan orang lain, pasti kita juga akan bahagia.

 

9.      Selalu open mind atau terbuka

Kita harus berfikiran terbuka dan mau belajar dari orang lain yang sudah lebih sukses, setelah itu kita fikirkan bagaimana cara mengaplikasikannya yang sesuai dengan kondisi kita.

 

10.  Kata-kata berkuasa

Apa yang kita ucapkan akan berpengaruh pada hati dan kondisi diri kita. Maka pastikan kita hanya mengeluarkan kata-kata positif.

 

11.  Anda adalah kekayaan anda

Kita memiliki tubuh yang luar biasa, yang jika dikalkulasi entahlah harganya menjadi berapa. Maka kita harus mengoptimalkan apa yang kita punya untuk menghasilkan kekayaan, baik kekayaan materi, spiritual dan mental kita. Maka uang adalah ide yang datangnya dari kreatifitas dan cara berfikir kita.

 

12.  Kekayaan adalah kebebasan

Dengan kekayaan kita akan punya kebebasan untuk membeli banyak barang kah atau beribadah lebih banyak, bersedekah lebih banyak dan meluangkan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman teman.

 

13.  Segala sesuatu dimulai dari impian

Adanya pesawat terbang sekarang adalah buah dari impian orang-orang di masa lalu yang ingin bepergian ke berbagai negara dengan jarak tempuh yang singkat. Maka kita juga harus memiliki impian agar hidup kita lebih bersemangat dan tujuannya jelas.

 

14.  Kejelasan adalah kekuatan

Semakin jelas impian kita, maka semakin kita bisa berfikir dan merasakan. Rasakan jika ingin memiliki rumah dan mobil, datangilah pameran properti dan show room di berbagai tempat. Jika ingin memberangkatkan orang tua naik haji, rasakan seolah kita sudah berada di baitullah bersama orang tua kita.

 

15.  Pilih yang menghasilkan, lalu yang anda kuasai, dan akhirnya pilih yang mudah

Cari bidang yang kita sukai dan menghasilkan lalu jalani. Jangan memilih bidang yang tidak disukai aau paling mudah, tapi juga harus cari yang menghasilkan.

 

16.  Imajinasi lebih unggul dari kemauan

Ketika kemauan bertentangan dengan imajinasi, maka imajinasi lah yang akan menang. Kita harus berani membayangkan skenario yang baik dan indah, film film yang baik, proyeksikan untuk hal yang baik, maka kita akan lebih bersemangat.

 

17.  Pertanyaan yang benar, menghasilkan jawaban yang benar

Kita harus menantang diri kita untuk bertanya yang lebih baik, seperti jika kita menghasilkan uang sekian rupiah dalam setahun, bagaimana caranya agar tercapai dalam waktu 1 bulan. Pertanyaan yang baik akan mengundang cara cara yang tepat, orang atau partner yang terbaik sehingga target impian kita tercapai.

 

18.  Apapun yang terjadi di dunia ini, tidak ada artinya sampai kita yang memberi arti

Peristiwa apapun yang terjadi dalam hidup kita, tak kan ada artinya sampai kita yang memberi arti atau labelnya. Kejadian buruk jika kita beri label peringatan untuk belajar keahlian x, maka kejadian buruk tadi menjadi sarana untuk kita belajar x.

 

19.  Keharmonisan antara keinginan, keyakinan dan cara kerja

Kita harus punya keinginan untuk menjadi kaya, yakin bahwa kita kaya dengan cara kerja atau proses yang baik sehingga nantinya kekayaan kita akan mencerahkan dan membahagiakan banyak orang, bukan hanya untuk diri dan keluarga saja.

 

20.  Otak anda bagaikan magnet

Pikiran itu jangan dianggap sepele.. pikiran itu bisa menghasilkan benda. Adanya TV berawal dari pikiran orang zaman dulu untuk melihat gambar berjalan dan akhirnya menjadi benda yaitu TV. Apapun yang ada di pikiran kita, apapun pikiran dan impian kita, itu akan menjadi benda, maka hati hatilah...

 

21.  Ketuklah, maka pintu akan dibukakan

Ketika kita berjuang, maka akan banyak sekai yang membantu kita, Allah akan membukan jalan bagi siapapun yang berusaha.

 

22.  Berbagi, artinya memiliki lebih

Ketika kita memberi, maka kita akan mendapatkan lebih dari yang kita berikan. Maka layani sebanyak orang, berbagi kepada sebanyak mungkin orang, Allah pasti akan melipatgandakan kebaikan kita. (dalam ebook aslinya, tak ada kata Allah)

 

23.  Tidak nyaman, berarti anda sedang tumbuh

Setiap penghancuran, itu adalah proses dari satu penciptaan. Saat kita merasakan ketidaknyamanan, yakinlah bahwa kita sedang tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

 

24.  Harus terus belajar dan berkontribusi untuk bangsa dan negara serta untuk alam semesta

Kita harus punya komitmen untuk selalu belajar apapun. Dan harus memikirkan juga benttuk konribusi yang akan diberikan pada bangsa, negara dan alam semesta sebagai bentuk syukur kita pada Allah.

 

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit