Friday, May 20, 2016

Pidato Kelulusan : Curhat Penulis Pemula




 

Ga nyangka juga bisa sampe di tahap akhir ini ... setelah berjibaku dengan berbagai setoran karena kesibukan kerja dan rumah tangga, rasanya plong banget bisa menyelesaikan seluruh setoran tulisan ... alhamdulillah banget deh bisa mengejar beberapa tulisan yang sempat tertinggal, walau tidak ideal satu hari satu tulisan.

 

Saat ada tantangan ODOP ini, saya memberanikan daftar, bukan karena saya mampu menulis, tapi rasanya pengen belajar menulis secara rutin. Bayangan saya, kayanya ga sulit lah ya, satu hari satu tulisan ... tapi ternyata pas dijalani, gubraag ... hanya bertahan di beberapa minggu pertama ... selanjutnya saya ketinggalan ... kehabisan ide lah, kesibukan yang menyita waktu lah, dan lain lain segambreng alasan yang selalu bisa dicari.

 

Sempet ragu bisa sampai di garis finish, akhirnya lama-lama bisa menemukan pola sendiri dalam menulis. Beberapa kejadian dan pengalaman saya dokumentasikan,  menentukan tema mingguan  dan saya tetapkan hari Jumat adalah hari resensi buku biar saya juga terpaksa jadi membaca buku. Ternyata tak mudah mencari waktu bagi saya, seorang guru yang bekerja dan juga sebagai ibu dari anak laki-laki dua tahun yang selalu mau nempel sama ibunya. Waktu tidur dia, akhirnya saya siasati sebagai waktu menulis dan membaca saya.

 

Tentu tulisan saya masih jauh dari kata sempurna, kelihatan banget deh lebih banyak mengejar setoran nya dibanding menghasilkan tulisan yang bermakna. Rasanya suka ngerasa minder gitu kalau melihat tulisan-tulisan lain yang jauh lebih berbobot. Tapi mungkin inilah proses yang harus saya lalui, berlatih menulis dan menulis hingga menghasilkan tulisan yang bermakna dan berbobot.

 

Terima kasih buat para admin dan para ketua kelas yang berjuang untuk keberlangsungan program ini. Masih ada semester dua yah? Kuat ga ya ? sanggup ga yah?  Kita tak takan tau sebelum kita mencoba ... jadi Never give up, mari kita coba tantangan berikutnya ...

 

berikut adalah link odop99days saya :

Day 1-25

Day 26-50

Day 51-75

Day 76-99

 

Salam

Novita Ungu

 

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit