Saturday, May 14, 2016

Tugas Matrikulasi Nice Home Work#1





Sebagai anggota komuntas IIP (Ibu Ibu Profesional) yang juga sebagai koordinator daerah, saya sadar saya harus banyak belajar menjadi ibu yang baik dan profesional. Adanya kelas matrikulasi yang memfasilitasi kami sebagai koordinator dan pengurus kelas belajar di daerah, merupakan kesempatan emas yang tak boleh disia-siakan. Awalnya saya ragu mengikuti kelas ini, karena saya khawatir  tak dapat menjalankan amanah untuk mengerjakan tugasnya, tapi ternyata “paksaan” sesama coordinator, akhirnya meluluhkan hati saya untuk mengikuti kelas ini. Dan setelah mengikuti materi pertamanya yang diselenggarakan di hari Senin tanggal 9 Mei 2016 pada pukul 20.00-21.00, saya tidak menyesal, malah sangat bersyukur sekali akhirnya dapat mengikuti kelas matrikulasi ini.

Pada materi pertama kelas matrikulasi ini, dibahas secara lebih mendalam tentang 4 hal berikut yaitu :
      a.       Ibu Profesional
      b.      Komunitas Ibu Profesional
      c.       Tahapan menjadi Ibu Profesional
      d.      Indikator Ibu Profesional

Materinya sangat menarik dan bermanfaat sekali untuk ibu muda seperti saya, yang baru memiliki putra pertama berusia 22 bulan.

Setelah mendapat materi-materinya, kami diberi tugas yang bertujuan agar kami dapat mengaplikasikan materi yang telah disampaikan sang penggagas komunitas, Bu Septi. Tugas ini diberi label menarik “Nice Home Work (NHW)”. Jadi mari kita bahas tugas ini.


Dalam NHW#1 ini, kami diminta menuliskan indikator untuk setiap peran yang kita lakukan yaitu sebagai sebagai individu, sebagai istri, dan sebagai ibu

      1.      SEBAGAI INDIVIDU
Sebagai individu, peran saya sangat banyak yaitu sebagai karyawan tempat saya bekerja yaitu sebagai guru, sebagai anak dari kedua orang tua saya, sebagai adik dari kakak-kakak saya, sebagai menantu dari orangtua suami saya dan sebagai anggota masyarakat tempat saya tinggal. Maka indikator keberhasilan sebagai individu adalah :
a.       Menjadi guru yang profesional bagi murid-murid saya, tidak hanya mentransfer ilmu tapi juga bisa menjadi sahabat terbaik dan panutan terbaik untuk mereka.
b.      Menyediakan waktu minimal seminggu sekali untuk menelpon orang tua dan mertua saya.
c.       Melakukan aktivitas berlibur bersama bersama kakak saya dan keluarganya serta keluarga suami, minimal 6 bulan sekali.
d.      Menjadi tetangga yang baik untuk warga sekitar rumah, minimal hadir pada saat arisan atau saat kumpul bersama, menengok jika ada yang sakit dan melahirkan dan membantu semaksimal yang bisa dilakukan

      2.      SEBAGAI ISTRI
Sebagai ibu bekerja, tentu saya tak bisa sepenuhnya ada disamping dan bersama suami sepanjang waktu, maka indikator keberhasilan saya sebagai istri adalah :
a.       Menyediakan waktu untuk melayani kebutuhan suami, baik lahir maupun batin
b.      Rajin berolahraga sekaligus diet sehat untuk suami
c.       Belajar manajemen keuangan dan ilmu rumah tangga lainnya
d.      Sharing bersama tentang berbagai hal, menjadi partner diskusi yang nyaman untuk suami
e.       Memperhatikan keluarga suami dengan berkomunikasi baik melalui media sosial atau via telepon

     3.      SEBAGAI IBU
Sebagai ibu bekerja, tentu saya tak bisa sepenuhnya ada disamping dan bersama anak sepanjang waktu, maka indikator keberhasilan saya sebagai ibu adalah :
a.       Menjadi ibu yang menyenangkan dan dirindukan anak, terutama saat pulang kerja atau ada di rumah, anak senang dan betah bersama saya
b.      Menggali ilmu parenting atau pendidikan anak
c.       Total membersamai anak saat di rumah, tidak melakukan pekerjaan kantor saat ada di rumah bersama anak
d.      Belajar masak
e.       Mengikuti aktivitas komunitas yang dapat membantu saya menjadi ibu yang baik, memfasilitasi anak untuk dapat tumbuh sesuai fitrahnya bersama komunitas yang baik.

Alhamdulillah selesai juga tugas nya. Rasanya plong dan semoga saya dapat mengaplikasikan indikator tersebut sesuai dengan yang saya harapkan. Dan tentu saja bereffek baik pada anak, suami dan lingkungan sekitar.

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit