Wednesday, April 27, 2016

Bumerang Pendaftaran Online : Korban Aroganisme





Sepanjang bulan Maret 2016 kemarin, saya terlibat dalam sebuah kepanitiaan penerimaan siswa baru di tempat saya bekerja. Sudah beberapa tahun terakhir ini pendaftaran siswa dilakukan secara online. Adanya perkembangan kemajuan di bidang teknologi menuntut sistem penerimaan siswa baru yang berbasis online. Karena peserta yang mendaftar berasal dari seluruh wilayah Indonesia, maka pendaftaran secara online merupakan suatu keharusan.

Sudah dua tahun berturut turut saya terlibat atau dilibatkan langsung dalam kepanitian di bidang pendaftaran. Entah apakah kebetulan saya harus terlibat ini atau ada tujuan Allah dibalik semua aktivitas yang saya jalani. Sepertinya pilihan kedua adalah pilihan yang rasional. Selalu ada tujuan dibalik semua rencana Allah terhadap segala hal yang kita jalani, tak pernah ada yang kebetulan.

Idealnya, pendaftaran secara online ini didukung oleh sistem software dan program database terbaik yang dapat mensupport kelancaran proses pendaftaran ini. Tapi mungkin karena ini adalah awal awal pendaftaran secara online, masih banyak kendala dan hambatan yang ditemukan seperti sulitnya calon siswa dalam mengakses website dan mengupload dokumen. Ini menuai banyak protes dan keluhan dari berbagai daerah di tanah air.


Sebenarnya, dengan tahun ini sudah ada dua sistem pendaftaran informasi yang sudah dilakukan, tapi seperti di lembaga atau kementerian di negeri ini, pergantian pejabat menyebabkan perubahan program sesuai dengan keinginan dan tujuan kepentingan yang menjabat. Andai semua pihak mau duduk bersama dan mencari solusi terbaik, tentu akan dihasilkan sistem pendaftaran online terbaik yang mudah diakses oleh sebanyak apapun pendaftar yang menggunakan sistem ini. Tapi tentu itu tak semudah yang diucapkan. Butuh kerendah hatian, kerja sama yang solid dari berbagai pihak dan tentu saja dana yang mensupport sistem ini. Semoga ke depan sistem pendaftaran online ini menemukan formula terbaiknya.

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit