Friday, June 2, 2017

Upacara “Menghormati Hari Lahir Pancasila”




Hari ini adalah hari libur nasional yang ditetapkan pemerintah untuk menghormati hari lahirnya pancasila. Memang baru ditetapkan tahun ini, mungkin karena akhir-akhir ini banyak fenomena mengkhawatirkan terkait stabilitas negara. Maka pemerintah mengharuskan kami upacara walaupun ini tanggal merah, karena ada pesan yang ingin disampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia, melalui para pembina upacara pada sesi Amanat Pembina Upacara.

Diantara pesan pemerintah yang saya ingat adalah bahwa Pancasila adalah “payung” untuk melindungi keberagaman yang ada di Indonesia, maka seluruh rakyat Indonesia harus berupaya untuk menyelamatkan persatuan bangsa, dan meminimalisir perpecahan karena perbedaan ras, agama, bahasa atau yang lainnya.

Saya menangkap ada nada “ancaman” juga bagi seseorang atau gerakan tertentu yang akan memecah persatuan bangsa, menyebarkan radikalisme atau terorisme, juga komunisme yang terlarang di Indonesia. Tampaknya ini merupakan peringatan bagi beberapa pihak yang saling menonjolkan kepentingan kelompoknya, agamanya atau suku bangsan dan bahasanya. Hal ini sah sah saja, selama pemerintah memberikan perlakuan sama untuk semua gerakan, untuk semua agama dan golongan yang bertindak semena-mena. Kadangkala ada perlakuan berbeda yang diterima umat Islam dan umat lain saat melakukan hal yang tampaknya sama yaitu mempertahakankan kehormatan agamanya.


Hari lahir pancasila semoga mengingatkan semua pihak untuk tunduk patuh pada nilai luhur pancasila yang merupakan nilai universal yang dimiliki semua agama. Pekan pancasila tahun ini mengambil tema, Save NKRI, Save Indonesia. Semoga Indonesia tetap dengan jati dirinya yang santun, berwibawa dan semangat menjaga persatuan. Kita juga harus belajar peka dan mewaspadai berbagai kejadian yang dapat memecah belah bangsa. Saat ini banyak kepentingan yang saling berebut massa untuk sampai di puncak kekuasaan. Semoga tujuan pemerintah dengan menjadikan hari ini sebagai hari lahirnya pancasila, dapat tercapai tanpa harus membeda bedakan perlakuan bagi semua warga negara Indonesia.

Semoga Bermanfaat

Jumat, 020617.23.00
#odopfor99days#semester2#day20

#ProgramHamil40Hari#part2#day18 

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit