Friday, June 2, 2017

Sedekah Tenaga Untuk Koperasi



Tak terasa, program hamil 40 hari saya memasuki hari ke-17, saya masih keteteran di urusan tahajud. Berharap sudah fokus di kualitas, ternyata kuantitas pun masih tertatih tatih, kadang bangun, kadang juga kelewat, bangun saat menjelang subuh. Saya sudah tak memakai sistem ceklis untuuk urusan program hamil 40 hari ini, berbagai kesibukan cukup bisa dijadikan alasan (pembenaran).

Hari ini saya menggantikan suami ngawas Ujian Akhir Sekolah, karena suami ada keperluan ke Jakarta. Biasanya momen ngawas ini saya jadikan kesempatan untuk mengerjakan berbagai tugas yang tertunda, dan menulis berbagai hal untuk mengabadikan moment tak terlupakan setiap harinya.

Tiba-tiba suami mengabarkan jelang pukul 10 kalau dia tidak jadi pergi ke Jakarta dan menawarkan untuk menggantikan saya mengawas. Saya langsung menyambutnya dengan antusias. Rencana saya untuk pergi ke bank nanti siang jelang UAS, bisa saya lakukan lebih awal sehingga saat Eza akan tidur siang, saya sudah datang untuk ngelonin dia tidur. Sebisa mungkin urusan saya selesai maksimal saat shalat dhuhur agar siang harinya saya bisa menemani Eza tidur siang.


Urusan saya ke bank ini, untuk menyelesaikan urusan administrasi koperasi. Setiap hari, ada saja urusan koperasi yang harus saya selesaikan. Kadangkala terasa melelahkan dan menyita waktu, tapi kalau mengingat bahwa dengan menjadi pengurus ini, misi spesifik saya tertunaikan, kembali membuat semangat saya menggelora.  Biarlah tenaga dan waktu saya habis, tapi semoga suatu saat bisa mengganti ibadah ritual saya yang masih jauh dari unsur sempurna, semoga bisa menambal kekurangan saya saat tak (bisa) bangun tahajud, dan semoga bisa membantu memberatkan timbangan kebaikan saya di hari akhir nanti. Aamiin.

Sedekah tenaga ini bisa dijadikan alternatif bagi kita yang diberi kemampuan terbatas untuk sedekah harta atau ilmu. Mungkin tak semua orang bisa dengan mudahnya bersedekah dengan hartanya atau ilmunya, karena harta berlebih atau ilmu berlimpah tak dimiliki semua orang, tapi kalau tenaga, rasanya bisa dilakukan semua orang, dari kalangan atas maupun kalangan bawah. Maka tak usah sedih ataupun iri saat melihat teman kita bisa dengan ringannya bersedekah harta atau ilmu, kita pun bisa melakukannya dengan menyumbangkan tenaga yang kita punya untuk kepentingan orang banyak.


Jumat, 020617.22.40
#odopfor99days#semester2#day19

#ProgramHamil40Hari#part2#day17

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit