Saturday, June 10, 2017

Pohon Literasi Day 3 : Belajar Homeschooling



Dua hari yang lalu, hari Kamis, saya mengikuti workshop tentang homeschooling. Selain mendapat ilmu dari pemateri, goodie bag nya seru juga yaitu buku, pulpen dan pensil. Bukunya ini yang saya baca dan dimasukkan dalam pohon literasi si bunda. Sementara Eza bacaannya masih seputar mobil dan pesawat. Dia masih lebih suka bermain outdoor dibanding membaca buku di rumah, apalagi teman-temannya suka pada nyamperin ke rumah. Ya sudah memang usia segitu dunianya memang begitu. Perlu perjuangan keras lagi si bunda nih biar Eza antusias membaca buku.

Sementara si bunda, banyak tugas yang mengharuskannya membaca banyak buku. Minggu kemarin sedang disibukkan membuat tulisan untuk jurnal dan bertumpuk-tumpuk bukulah dibaca untuk menyelesaikan tulisan kejar tayang untuk jurnal internal di tempat kerja. Kalau ga dipaksa begitu, tumpukan buku di lemari perpustakaan mini keluarga kami, entah kapan selesai dibacanya.

Dalam buku homeschooling, banyak dibahas perbedaan homeschooling dengan flexi school. Kalau selama ini ada lembaga yang menyelenggarakan homeschooling, sebenarnya itu dinamakan flexi school, bukan homeschooling.  Dibahas juga dalam buku ini, apa saja yang harus diajarkan oleh orangtua muslim yang menerapkan homeschooling untuk anak-anaknya, mulai dari aqidah, pembiasaan ibadah melalui keteladanan, dan masih banyak lagi.


Satu buku ini berhasil saya lalap habis dalam satu hari. Selain karena bertemu penulisnya yang menjadi narsumber workshop ini, juga karena bukunya aplikatif dan sederhana, walau saat akan dipraktekkan dalam keluarga kami, harus banyak diskusi lagi dengan suami.

Eza masih berkutat di buku yang sama, dan tambahan dengan buku tentang mobil. Tapi ga bertahan lama, baru beberapa menit dibacakan buku, biasanya sudah minta main keluar bareng teman-temannya. Ia sedang senang banget sosialisasi, main sepeda bersama teman-teman, kadang untuk tidur siang pun harus dicari, malah sebenarnya andai ia memilih, tak mau tidur siang dan lebih memilih bermain bersama teman-temannya. Wah lama-lama kamu makin besar Za, dan akan makin berkurang intensitas sama bunda, semoga tetep terbuka dan menjadikan bunda sebagai tempat curhat pertama yang paling nyaman.

Semoga Bermanfaat

Sabtu, 100617.21.35
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#Day3
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
#odopfor99days#semester2#day28


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit