Friday, June 16, 2017

Pohon Literasi Day 9 : Akhirnya Melirik Buku Lain Juga



Hari kesembilan dalam rangka menumbuhkan pohon literasi di rumah kami, akhirnya membuahkan hasil. Setelah sebelumnya saya begitu putus asa karena Eza tak kunjung mau “move on” dari buku kesukaannya yang membuat saya bosan membacakannya, akhirnya saya berhasil juga membuat Eza berpaling ke buku lain.

Minggu-minggu ini adalah minggu yang hectic dan lumayan padat bagi saya, apalagi mba pengasuh pulang kampung untuk mempersiapkan pernikahannya, maka pikiran dan tenaga saya pun terbelah untuk beberapa urusan diantaranya, yang utama adalah pekerjaan saya sebagai istri, ibu dan guru sedangkan pekerjaan “sunnah” adalah sebagai fasilitator di kelas bunda sayang, manager keuangan nasional, pengurus koperasi dan menulis blog untuk melatih kemampuan menulis saya. Wah ternyata banyak juga ya, pantas saja hampir tiap hari rasanya 24 jam itu terasa kurang. Belum lagi target Ramadhan saya kali ini ingin mengkhatamkan 2 kali baca Al-Qur’an.

Maka agenda membacakan buku kepada Eza sering terlewat, apalagi dia tampak menikmati masa bermain bersama teman-temannya, terutama yang sifatnya outdoor seperti main sepeda, lari-larian dan lain-lain. Sementara si bunda harus menyelesaikan pekerjaan publik dan domestik seperti menyapu, ngepel, mencuci dan menyeterika pakaian. Beruntung ada mamah yang mengamankan urusan masak memasak.

Pagi hari, saya mengantar Mamah jalan dan berbelanja ke Pasar Modern. Setelah beres, pulang ke rumah menyelesaikan urusan setrikaan dan koperasi. Eza tak mau tidur siang, saat saya sedang diskusi via wa tentang pendirian koperasi IIP, Eza ingin main bersama saya, bukan memilih tidur bareng papanya, padahal papanya sudah menawarkan. Mungkin karena tadi pagi dia baru bangun jam 7.30 jadi sepertinya memang tidak ngantuk. Akhirnya saya ajak baca buku.

Saya mencari cara untuk menarik perhatian Eza pada buku “baru”, tidak pada buku favorit nya yang sudah dibaca berulang-ulang. Maka saya ambil buku Alam Kehidupan, Dari tetumbuhan sampai perlindungan kehidupan dari Tira Pustaka yang penampakannya seperti ini :



Di dalamnya, berbagai aneka tumbuhan dan hewan diceritakan dengan sangat detail. Ada beberapa gambar yang saya buka secara sengaja agar Eza tertarik, seperti dinosaurus, kadal, koala, yang belum dia kenal. Dan berhasil, yeah alhamdulillah. Eza pun membuka-buka buku sambil bertanya ini itu. Untung ada teks di dalamnya yang menjelaskan, kalau ngga ada teks, si bunda mati gaya deh melayani pertanyaan Eza.

Ternyata cara supaya Eza tak melulu membaca buku yang sama adalah dengan tidak memperlihatkan buku favoritnya dan mengenalkan buku lain yang lebih menarik minatnya. Kalau cowo biasanya senang kan tuh dengan berbagai hewan, jadi diambillah buku itu untuk menarik perhatian Eza. Memang menjadi seorang ibu itu harus kreatif ya mencari berbagai alternatif kegiatan untuk anak, sementara si bunda itu menurut hasil talent mapping itu sungguh tak kreatif hiks hiks.

Tapi semoga tetap semangat menemani perjalanan Eza dalam berpetualang dalam kehidupan ini. Sebelum Eza belajar banyak hal, si bunda harus aktif mencari tau dulu tentang berbagai hal karena anak-anak zaman sekarang sudah tak zamannya lagi dicekokin dan diberikan informasi, tapi sudah harus mencari sendiri dan berfikir kritis terhadap berbagai hal. Oke semangattt...


Semoga Bermanfaat

Jumat, 160617.23.50
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#Day9
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

#odopfor99days#semester2#day34

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit