Monday, June 5, 2017

Tadabur Sosial: Mengembangkan Kesalehan Diri & Sosial (Bagian Pertama)



Tadabur sosial adalah kegiatan rutin tahunan yang diadakan sekolah untuk seluruh siswa dan siswi kelas X dan XI, setelah beres ujian semester 2. Sambil menunggu pengolahan nilai, siswa dibekali dengan berbagai pengetahuan dan pembiasaan agar seimbang asupan gizi untuk jiwa dan raganya. Untuk tahun ini, kegiatan tadabur sosial dilaksanakan hari ini, Senin dan Selasa tanggal 5 dan 6 Juni 2017 dan bertempat di Masjid Adz-Dzikra Sentul Bogor. Selama dua hari satu malam, kami beritikaf di masjid Adz-Dzikra yang merupakan “basecamp” majelis dzikir Ust Arifin Ilham.

Ada 4 narasumber yang kami hadirkan untuk memberikan pembekalan pada siswa, yaitu Ust Khotib Kholil terkait dengan makna ibadah dalam kehidupan sehari-hari, Hilman Al Madani dari Yayasan kita dan buah hati tentang Pendidikan Seks untuk Remaja, dengan tema Etika Berselancar di Media Sosial, Sharing Alumni dari Andam Deatama & Halida Umi Balkis, serta pembekalan ESQ dari Ridwan Mukri.

Kami berangkat pukul 6 pagi dari sekolah menuju Sentul dengan menggunakan bis. Bis saya malah sempat bermasalah saat di Gunung Sindur karena mesinnya panas. Untungnya bisa diatasi dan tak perlu ganti bis. Kami tiba di lokasi pukul 9 pagi. Siswa langsung beres-beres barang dan persiapan materi dari Ust Khotib Kholil.

Sang ustadz yang merupakan mantan direktur yang membawahi puluhan hotel domestik dan manca negara, memilih untuk fokus mengurus masjid agar bisa leluasa beribadah. Saat menjabat sebagai direktur, ia merasa tak bisa shalat berjamaah 5 waktu. Maka ia tinggalkan semua jabatan, dan fokus beraktivitas di masjid. Ia pun memberikan tips mencapai sukses untuk para generasi muda, yaitu Perkuat niat, Belajar giat dan pantang menyerah, berdoa tak putus-putus, silaturahmi, active listening (memperhatikan pembicaraan orang lain), Rendah hati (tawaddhu) dan meneladani 4 sifat Rasul yaitu Sidiq (jujur), Fathonah (cerdas), Amanah (berintegritas) & Tabligh (komunikatif).

Pada sesi tanya jawab, ada beberapa pertanyaan dari siswa siswi diantaranya tentang public speaking, komunikasi, motivasi meninggalkan karir yang sedang berada di puncak, dan cara berdiplomasi. Pertanyaan-pertanyaan pun dijawab narasumber dengan tuntas.

Semoga Bermanfaat

Senin, 050617.18.55

#odopfor99days#semester2#day23

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit