Thursday, June 8, 2017

Pohon Literasi Day 1 : Menyiapkan Pohon Literasi Al Zayyan



Materi 5 di kelas bunda sayang ini adalah tentang Menstimulasi anak suka membaca. Sejak kecil, sebenarnya Eza sudah biasa dibacakan cerita. Tapi ko makin gede, saat udah kenal bermain trus sama mba nya dikenalkan Upin Ipin, minat bacanya jadi menurun drastis nih. Perlu perjuangan keras lagi dari si bunda untuk mengembalikan minat baca Eza.

Maka langkah pertama adalah menyiapkan pohon literasi. Saya ajak si mba yang ngasuh, untuk menyiapkan pohon literasi. Awalnya dia bingung, tapi pas saya perlihatkan contoh dari teman-teman fasilitator bunda sayang, baru deh dia kebayang. Beberapa hari yang lalu, saat kami jalan-jalan sore usai berkunjung ke rumah guru ngaji, saya sempatkan beli bahan perlengkapan untuk membuat pohon literasi. Alhamdulillah si mba nya semangat bikin malem-malem.

Saking semangatnya, itu pohon ditambahin gambar kupu-kupu, gambar bebek dan lain-lain. Dan tahukah tanggapan Eza saat melihat pohonnya ditempel? Eza bilang, “Bunda, aku suka pohonnya,” Yeayy. Saya minta dia berterima kasih sama mba nya yang sudah membuatkan pohon literasi. Saya mencoba membiasakan kata maaf dan terima kasih pada Eza agar ia terbiasa meminta maaf dan berterima kasih atas anugerah apapun yang diterimanya.


Al Zayyan adalah nama keluarga saya, yang merupakan gabungan dari nama kami bertiga, yang juga diambil dari bahasa Arab yang artinya cemerlang, dan juga singkatan yang saya karang sendiri, yaitu Alhamdulillah Zaenuri Zahid (Eza) saYYang Novita, hehe ... biar seru aja...

Oke perjuangan membuat pohon literasi sudah, sambil berjuang lagi untuk mengisi daun-daun nya biar rindang. Penyakit Eza itu kalau dah baca satu buku yang disukai, pasti pengennya baca itu lagi itu lagi. Sepertinya hal ini dirasakan para orang tua lain juga, terbukti dengan banyaknya muncul pertanyaan senada di grup Jakarta dua, tempat saya dan mb Azizah bertugas menjadi fasilitator. 

Akhir-akhir ini Eza sedang suka dengan buku Dusty, si pesawat terbang, sampe bosen deh membacakannya, bukunya pun sampe sobek saking dibacanya berulang-ulang.
Buku kedua yang dia suka adalah, buku ikan nya Nabi Yunus. Dulu saya sering mendongeng sebelum dia tidur, tapi yang dia suka dan paling diingat adalah kisah Nabi Yunus yang masuk dalam perut ikan. Padahal dalam buku yang dibacakan, ada dua kisah yaitu ikan Nabi Yunus dengan Burung Nabi Ibrahim, tapi saya dilarang membaca kisah burung Nabi Ibrahim, harus membaca ikan Nabi Yunus. Ya sudahlah bosen bosen juga harus dilayani. Sering tuh saya bacakan sampe terkantuk kantuk, Ezanya masih seger bugar haha...

Lucu dan menyenangkan menemani dan mendampingi Eza membaca buku, perlu kreativitas tinggi untuk mengalihkan kesukaannya bermain dan nonton Upin Ipin ke aktivitas membaca buku. Hari ini baru persiapan dan pemanasan, besok siap dengan berbagai amunisi, bismillah...

Semoga Bermanfaat

Kamis, 080617.23.45
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#Day1
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

#odopfor99days#semester2#day26

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit