Monday, November 6, 2017

Belajar Iqra Gaya Baru



Akhir-akhir ini Eza senang sekali menonton, saya khawatir ia akan kecanduan menonton dan melupakan aktivitas lain, seperti belajar mengaji. Saya mencoba mencari berbagai strategi untuk menggabungkan keduanya, dan dapatlah satu formula, jika ingin menonton, maka Eza harus mengaji dulu. Saya sadar, tidak bisa langsung dihapuskan kebiasaan menontonnya, maka perlahan-lahan saya kurangi, sambil menambah semangatnya untuk belajar mengaji yang diawali iqra 1.

Dulu, saat kecil Eza sudah diperkenalkan huruf hijaiyah lewat tayangan video Diva dan pus, dan cepat sekali nempel di benak Eza. Maka saat beberapa minggu terakhir ini Eza belajar Iqra secara lebih serius, sebelum menonton, hasilnya lumayan diluar dugaan. Iqra 1 diselesaikan dengan cepat. Walopun harus dengan berbagai adegan drama, kadang nangis, kadang malas, kadang rewel dan lain-lain. Tapi saya tak boleh menyerah, Eza harus sedikit demi sedikit belajar mengaji.


Ternyata, papanya punya cara yang lebih kreatif lagi. Mumpung hapenya masih baru, ia download aplikasi belajar iqra dengan media yang lebih menarik, yaitu aneka gambar huruf yang saat ditekan, bisa muncul suara hurufnya. Ini sangat membantu Eza saat belajar iqra 2 yang mulai terasa makin rumit. Pernah saat memulai Iqra 2, Eza ingin kembali ke iqra 1 yang menurutnya mudah. Saya sadar Eza masih kecil, maka saya ikuti kemauannya sambil sedikit demi sedikit mengenalkannya pada Iqra 2.

Hasilnya? Ia lebih senang menekan hurufnya dulu baru menirukannya. Padahal papanya ingin, Eza membaca dulu baru mengecek benar tidaknya dengan menekan hurufnya. Saya ingin menanamkan pengalaman belajar mengaji yang asyik dan menyenangkan pada Eza, maka tak ada target khusus, yang penting Eza semangat belajar mengaji saja, sudah cukup bagi saya. Jika senang menjalaninya, semoga nanti kemampuannya makin lama makin bertambah. Aamiin

Semoga Bermanfaat

Senin, 061117.14.30
#Tantangan10Hari
#Level9Day3
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative
#odopfor99days#sesi3#day39

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit