Thursday, February 23, 2017

Melatih Kemandirian Anak : Aku Bisa Makan Sendiri




Setelah mengikuti kuliah Bunda Sayang Materi kedua yaitu Melatih Kemandirian, maka kami ditantang untuk mengaplikasikan materi tersebut, langsung kepada anak. Saya berdiskusi ma suami, skill kemandirian apa yang mau dilatih. Suami mengusulkan pake baju sendiri, tapi saya lebih memilih untuk melatih Eza (3 tahun) makan sendiri.

Hal pertama yang saya lakukan adalah sosialisasi. Gaya bener ya sosialisasi, maksudnya saya ajak Eza ngobrol, bahwa dia sudah harus belajar makan sendiri, karena dia semakin besar. Begini kurang lebih obrolan yang terjadi

Bunda : mas, mas kan sudah mulai besar, mas makan sendiri ya, ga disuapin lagi
Eza      : iya
Bunda : mas belajar ya makan sendiri, mas pasti bisa, oke
Eza      : oke


Tapi karena kemarin Eza sedang demam, jadi hari ini saya tidak langsung full membiarkan Eza makan sendiri, masih ga tega melihat dia demam dan mengeluhkan sakit perut.  

Tahap awal ini, saya menyimpan piring di depannya, menyuruh dia megang nasi dan lauk, lucu sih, berantakan, nasi nempel di tangannya dan setelah itu mogok lagi makan sendiri. Selain itu, tantangannya ART saya masih senang nyuapin Eza, saat saya memberitahu bahwa Eza sudah harus makan sendiri, dia bilang “masih kangen ah bunda, nyuapin Eza”... 
hadeuuh, ini tantangan baru buat saya, turut mengkomunikasikan target kemandirian ini pada ART agar kompak dan tidak beda perlakuan.

Ayo Eza Bisa...
Semoga Bermanfaat

Senin, 230217.06.30
#level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#FasilBunsay
#odopfor99days#part2#day20

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit