Monday, February 20, 2017

Lika Liku Menyusun Laporan Koperasi : Tersesat di Jalan yang Benar??




Setelah dipilih menjadi pengurus koperasi di pertengahan tahun 2016, tak terasa pembukuan tahun 2016 harus dilaporkan. Setiap tahun, berdasarkan AD ART koperasi, kami pengurus koperasi harus melaporkan pertanggungjawaban di hadapan Rapat Anggota Koperasi (RAT) dan sekaligus pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha).

Dulu, di tahun 2007 hingga tahun 2009, saya pernah menjadi pengurus koperasi juga selama satu periode, sebenarnya diminta menjabat kembali tapi saat itu saya memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Vakum menjadi pengurus 5 tahun, akhirnya jabatan itu kembali lagi menghampiri. Dengan niat memperbaiki pembukuan koperasi dan membahagiakan anggota koperasi, akhirnya dengan berat hati saya pun menerima amanah ini.

Saat menyusun laporan koperasi, saya dibantu bendahara dua yang punya latar belakang pendidikan di bidang akuntansi, alhamdulillah jadi belajar cara membuat jurnal, neraca dan lain lain. Karena kepengurusan ini gabungan dari dua kepengurusan yang serah terima jabatannya di pertengahan tahun, sementara saya harus melaporkan kegiatan satu tahun, ini lumayan membuat kepala pening tujuh keliling.


Begadang bermalam malam bermodalkan kopi, berkutat dengan angka angka, kadang membuat saya berfikir untuk apa saya melakukan semua ini?? Saat itu, saya bertanya tanya kenapa saya harus “ketiban” pusing melakukan pelaporan ini? Apalagi latar belakang pendidikan saya bukan akuntansi, tapi berdasarkan hasil psikotes bertahun lalu, saya baru sadar ada bakat terpendam yang dinamakan kemampuan computational yaitu kemampuan seputar mengolah angka angka. Akhirnya saya mengambil kesimpulan, mungkin inilah jalan mengabdi saya, bisnis bukan untuk saya peribadi tapi bisnis untuk kepentingan orang banyak. Mungkinkah saya tersesat di jalan yang benar?? Dinikmati saja deh proses nya... saya tidak tahu skenario Allah untuk diri saya

Kembali ke penyusunan laporan, setelah berkutat dengan angka angka dan sempat merasa eneg karena bermalam malam “gaul” dengan angka angka, alhamdulillah laporan selesai juga walaupun pasti tidak sempurna. Tapi setelah itu, saya sempat surprise juga dengan adanya undangan untuk mengikuti temu jaringan koperasi hi Hotel Grand Sahid , hari Rabu-Kamis besok. Setelah berusaha meminta pengurus lain untuk datang dan tak ada yang bisa, akhirnya saya deh berangkat, menimba ilmu sekaligus refreshing. Rasanya seperti mendapat bonus setelah berlelah lelah dengan berbagai laporan, akhirnya dikasih bonus juga oleh Allah. Alhamdulillah

Semoga Bermanfaat

Senin, 200217.21.43
#odopfor99days#part2#day17

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit