Thursday, February 23, 2017

Kenapa Alfamart dan Indomaret Menggerus Toko Toko Kecil?




Saat mengikuti Temu Konsultasi Jaringan Koperasi di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, ada sesi materi tentang Ritel. Nara sumber nya adalah Widi Retail, mantan marketing manager Indomaret. Beliau mengatakan bahwa indomaret dan alfamaret memang mempertimbangkan banyak faktor sehingga sukses menjaring konsumen.

Ada beberapa faktor penentu kesuksesan indomaret dan alfamaret yaitu:
      1.      Lokasi
Lokasi merupakan faktor penting yang paling menentukan rame tidaknya indomaret dan alfamaret. Ada 3 area yang dibidik yaitu pemukiman, tempat transit seperti stasiun, bandara serta area perlintasan yang padat / traffic seperti rest area. Ini mengakibatkan produk yang dijual berbeda sesuai segmen kebutuhannya.

      2.      Produk
Ada 4 macam pembeli yang diklasifikan sesuai karakteristik nya yaitu:
a.       Buying wisddom adalah pembeli yang bijak dalam membeli kebutuhan pokok (basic needs)
b.      Buying emotion adalah pembeli yang panik, yang terburu buru, yang tidak akan mempertimbangkan harga saat membelinya (emergency needs)
c.       Buying passion adalah pembeli yang akan membeli produk yang menggoda indera
d.      Buying fashion adalah pembeli yang akan membeli produk yang sedang tren atau yang sedang ramai diiklankan

Ada dua klasifikasi jenis produk yaitu main products (produk utama) dan side products (produk pendamping). Produk utama merupakan produk yang merupakan alasan utama konsumen datang ke toko tersebut. strategi marketingnya adalah produk ini harus dijual dengan margin rendah dan ada produk pembanding yang sejenis dan sekelas. Sedangkan produk pendamping adalah sasaran utama konsumen cuci mata, ini merupakan andalah untuk memperoleh keuntungan, karena itu dijual dengan margin tinggi.

      3.      Penampilan Toko
Penampilan toko ini mencakup 4 hal yaitu suasana luar, suasana dalam, tata letak dan tata produk. Semuanya diatur strateginya agar konsumen nyaman dan betah berbelanja, lalu lintas konsumen juga dipertimbangkan agar mau berkeliling ke berbagai rak yang menyajikan berbagai produk.

      4.      Pelayanan
Pelayanan ritel sekarang adalah bersifat swalayan, yang mencakup 5 hal yaitu cepat terlayani, antrian pendek transaksi cepat, harga jelas, bebas menyentuh produk dan membandingkan produk secara langsung.

Begitulah beberapa hal yang menjadi penentu keberhasilan indomaret dan alfamaret. Hal ini menjadi tantangan bagi koperasi untuk bersaing secara sehat sehingga tidak kehilangan konsumen, apalagi kekuatan koperasi ada di keberadaan dan keaktifan anggotanya.

Alhamdulillah ilmu baru untuk diaplikasikan di koperasi tempat saya bernaung.

Semoga Bermanfaat

Senin, 230217.06.00
#odopfor99days#part2#day19

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit