Friday, February 24, 2017

Belum Sukses Makan Sendiri, Malah Pengen Pake Sepatu Sendiri




Kemarin saya sudah sounding ke ART kalau saya akan melatih Eza makan sendiri, tetep sih jawabannya, “ntar aja bun, tahun depan, masih pengen nyuapin”. Tapi saya tetap akan melanjutkan tantangan kemandirian ini semampu saya.

Tadi pagi, Eza melihat ada menu sop ayam, mungkin karena baru sembuh dari sakit dan nafsu makannya mulai muncul lagi, Eza langsung bilang,

Eza      : Bun, pengen makan ayam
Bunda : mas makan sendiri yah...
Eza      : iya aku mau makan iyi (sendiri)
Bunda : ok bunda ambilkan nasinya ya
Eza      : ayamnya potong bun, pake apuk (garpu)
Bunda : ok anak pintar

Dengan semangat 45, saya ambilkan nasinya, Eza pun mulai duduk di meja makan, kebetulan papa nya juga sedang mau sarapan, jadi pas lah. Biasanya anak seusia Eza seneng banget kalo diperlakukan sama seperti orang dewasa, jadi pas papanya duduk mau sarapan di meja makan, dia pasti akan langsung duduk di samping papanya, berperilaku seperti orang dewasa. Ini kesempatan emas yang tidak saya sia siakan, langsung meminta dia makan sendiri, seperti papanya.


Walau masih berantakan, saya sudah seneng banget lihat Eza ga mau disuapin, ternyata sebenarnya anak itu akan mengikuti apa yang kita inginkan, jika kita sering “sounding” dan konsisten melakukannya.

Tak lama kemudian, saya dan papanya ngajak Eza pergi jalan jalan ke bank. Saya meminta dia pakai sepatu, tidak pake sendal, ternyata Eza malah pengen pake sepatu sendiri dengan bilang “aku iyi (sendiri) (pake) patu”... alhamdulillah, baru melatih satu skill kemandirian, bonusnya malah dapet lebih yaitu mandiri pake sepatu sendiri.

Dan inilah gayanya Eza yang sedang belajar pake sepatu sendiri... 


Semoga Bermanfaat

Senin, 230217.20.50
#level2day2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#FasilBunsay
#odopfor99days#part2#day20

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit