Wednesday, February 22, 2017

Jangan Lelah Berbuat Baik




Sudah dua kali ini saya mengikuti pelatihan koperasi, yang seharusnya bukan jatah saya untuk berangkat. Pelatihan pertama saat bulan Januari lalu di Cianjur, saya sudah mendaftarkan teman saya sesama pengurus untuk mengikuti acara tersebut, eh tiba tiba h-2 teman saya membatalkan keikut sertaannya karena ternyata ada tugas mendadak di tempat kerjanya.
 
Kegiatan kedua adalah hari ini, saya “dipaksa” mengikuti kegiatan Kementerian Koperasi yang bertajuk “Temu Konsultasi Pengembangan Kerjasama Koperasi dan UKM Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran”, hari ini dan besok, 22-23 Februari 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta. Awalnya saya meminta pengurus lain yang berangkat tapi ternyata pimpinan sekolah meminta saya untuk berangkat. Yah sudahlah, anggap saja sebagai bonus, kebetulan bermalam malam kemarin waktu saya habis untuk mengerjakan laporan koperasi, demi membahagiakan anggota dengan SHU tinggi.

Setelah mengikuti kegiatan seharian ini, saya merenung sambil menikmati suasana malam di hotel Grand Sahid Jaya yang entah kapan saya bisa kesini lagi, saya bertanya tanya kenapa saya harus berada di tempat ini. Kuliah di sastra Arab dan lanjut mendalami Al-Quran hadits, lalu kerja menjadi guru sudah 15 tahun lebih, tiba tiba saya menjadi pengurus koperasi, tiba tiba juga diamanahi jabatan sebagai manager keuangan Institut Ibu Profesional Nasional.


Saya tidak mengerti apa skenario Allah terhadap hidup saya. Satu hal yang saya yakini bahwa balasan kebaikan adalah kebaikan, dan balasan kejahatan adalah kejahatan juga. Saya hanya berusaha berbuat baik di Koperasi, berbisnis tapi bukan untuk kepentingan saya sendiri, mencoba membahagiakan anggota koperasi dengan mempermudah kredit, mencoba berbagai usaha baru, tujuannya hanya satu, meningkatkan SHU (Sisa Hasil Usaha) sehingga anggota mendapatkan laba yang tinggi dari usaha koperasi yang dilakukan. Kadang merasa lelah mengerjakan semua ini, tiap malam berkutat dengan angka, tiap hari melayani anggota koperasi yang ingin pinjam atau membayar cicilan, bahkan tugas utama sebagai guru sering terabaikan. Tapi setelah itu, dikuatkan lagi oleh suami, tiba tiba mendapat bonus refreshing seperti malam ini, bermalam di hotel sambil menimba ilmu dari para pakar koperasi.

Jadi, jangan pernah lelah berbuat baik, karena Allah Maha menyaksikan segala perbuatan dan Ia akan membalas semuanya, tanpa terlewat sedikit pun. Semoga saya masih punya stok sabar dan ikhlas yang tinggi dalam menjalani semua amanah ini. Bismillah, bersama Mu saya pasti bisa melalui semua ini. Tetap semangatttt...

Semoga Bermanfaat

Rabu, 220217.20.50
#odopfor99days#part2#day18

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit