Thursday, August 11, 2016

Keunikan Bahasa Arab (Bagian Pertama)






أحبوا العرب لثلاث لأني عربي ، والقرآن عربي ، وكلام أهل الجنة عربي
Cintailah bahasa Arab karena 3 hal yaitu karena Aku (Rasulullah)  adalah orang Arab, karena Al-Qur’an berbahasa Arab dan bahasa ahli surga adalah bahasa Arab. (HR Thabrani, Hakim dan Baihaqi, Hadits Maudhu’).

Hadits diatas bisa menjadi dasar kita sebagai umat Islam untuk mempelajari bahasa Arab. Bahkan jikalau hadits maudhu tak bisa dijadikan argumen, fakta bahwa Al-Quran berbahasa Arab cukup menjadi argumen bahwa kita sebagai umat Islam wajib mempelajari bahasa Arab sebelum mempelajari bahasa bahasa lain.

Tentu bukan hal kebetulan Allah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an. Ada beberapa kehebatan dan keunikan bahasa Arab yang menjadikannya unggul sebagai bahasa yang dipilih Allah sebagai bahasa Al-Qur’an. Setidaknya ada 5 keistimewaan bahasa Arab menurut Dr. Thoyib dalam bukunya Sintaksis Bahasa Arab yaitu sebagai berikut :


1.      Rumpun bahasa Semit yang masih bertahan dan masih digunakan baik lisan maupun tulisan, sementara bahasa lainnya dalam rumpun tersebut seperti bahasa Akkadia, Asiria, Aramaik, Madain dan lain lain.
2.      Bahasa Resmi 24 negara yang digunakan negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab, bahkan Bahasa Arab berpengaruh luas terhadap bahasa Persi, Urdu, Melayu dan lain-lain. Bahasa Arab juga merupakan bahasa untuk satu miliar umat Islam yang diajarkan ribuan sekolah di berbagai negara yang memiliki warga negara Muslim.
3.      Bahasa Al-Qur’an yang membuat bahasa Arab ini dipelajari dan digunakan berbagai kalangan, bahkan menjadi objek studi kalangan non muslim. Setelah Al-Qur’an turun dalam bahasa Arab, bahasa Arab menjadi dominan di kawasan Jazirah Arab
4.      Bahasa Suci yang merupakan bahasa yang digunakan dalam ibadah shalat. Secara otomatis, setiap hari jutaan umat Islam mengucapkan lafadz berbahasa Arab saat shalat.
5.      Bahasa Berusia Tua yang masih bertahan sementara bahasa lainnya yang berusia sama, sudah semakin punah. Tapi bahasa Arab semakin berjaya karena digunakan kalangan dan dipelajari puluhan juta orang baik oleh umat islam maupun non muslim.

Banyak sekali keunikan bahasa Arab, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Dua kata yang berbeda satu huruf saja artinya bisa sangat kontras

Misalnya,

- [
نعمة] dan [نقمة] “ni’mah” dan “niqmah” artinya: nikmat dan sengsara. Perbedaan huruf ‘ain dan qaf menyebabkan perbedaan makna yang kontras.

- [
عاجلة] dan [آجلة] “’aajilah” dan “aajilah” artinya: yang segera dan yang diakhirkan/tertunda. Perbedaan huruf alif dan ‘ain juga bermakna sebaliknya.

- [
قادم] dan [قديم] “Qoodim” dan “Qodiim” artinya: yang akan datang dan yang lampau. Perbedaan huruf ya dan alif juga bermakna kontras antara yang lampau dengan yang akan datang.

- [
مختلف] dan [مؤتلف] “mukhtalifun” dan “mu’talifun” artinya: berbeda dan bersatu. Perbedaan huruf hamzah dan kha juga bermakna kebalikan.

Dan masih banyak contoh yang lain. Semoga keunikan bahasa Arab ini membuat kita semakin mengenal bahasa Arab dan semangat untuk terus mempelajarinya.

(bersambung)
 
Kamis, 11 Agustus 2016. 03.10


Sumber gambar : www.kmnu.or.id

#ODOPfor99days
#day108

1 comment:

Postingan Favorit