Monday, August 8, 2016

Toilet Training Jilid 2 : Metode Papan Bintang





Setelah dulu sempat mencoba toilet training saat Eza sunatan jelang usia 2 tahun dan sepertinya masih gagal, karena si bunda masih ga terlalu yakin untuk total bebas pampers, khususnya saat bepergian. Maka setelah lebaran ini saat usianya menjelang 2,5 tahun, si bunda mencoba lagi toilet training. Kali ini dapet tips sederhana dari seorang blogger kece yaitu memakai papan bintang. Jadi si anak diberitau bahwa dia tidak akan memakai pampers lagi dan kalau pipis dan pup harus di kamar mandi. Jika dia berhasil melakukannya, dia akan mendapat bintang.. dan jika belum berhasil atau masih ngompol, dia tak akan mendapat bintang. Sesederhana itu.

Maka si bunda dibantu si mbak dan si papah, menyiapkan alat tempur berupa gambar bintang bintang yang sudah digunting, lem, karton putih dan segala macam peralatan. Dan dimulailah episode toilet training nya di hari Senin tanggal 25 Juli 2016. Hari pertama tentu saja masih gagal. Malam nya masih memakai pampers. Hari kedua masih gagal, sesekali masih ngompol dan pup di celana. Apalagi weekend nya tanggal 30 Juli Eza ke Pamulang dan Jakarta, maka pampers pun masih jadi andalan. Minggu kedua mulai terlihat hasilnya. Eza dah mulai bilang kalau mau pup dan pipis. Yeah ... ternyata it works ... yang penting sabar dan mau terus konsisten untuk ngingetin Eza pipis. Puluhan bintang pun berhasil Eza dapatkan. 


Weekend berikutnya kemarin hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2016 adalah hari terakhir Eza pakai pampers. Malam hari sudah tak pakai pampers, apalagi memang Eza tak minum susu formula, jadi relatif lebih mudah. Jadi mudah mudahan kali ini Eza tak membutuhkan pampers lagi. Dengan metode ini, Eza hanya butuh waktu 2 minggu untuk berhasil lulus dari toilet training. Alhamdulillah ...

Senin, 8 Agustus 2016. 15.00

#ODOPfor99days
#day106

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit