Sunday, August 7, 2016

#NHW8 : Kiprah Bunda di Masyarakat



BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN
Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai :
PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE
Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa meneyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.
-------
Setelah membaca uraian bu Septi diatas, saya agak merenung dengan NHW8 ini. Apa ya yang sudah saya lakukan selama ini di masyarakat. Rasanya belum banyak kiprah saya di masyarakat. Saya baru sebatas menjadi guru bagi murid saya dan menjadi salah satu pengurus yang mencoba berbuat sesuatu untuk anggota koperasi walau belum maksimal. 

Baru sadar juga ternyata antara NHW 1 sampai terakhir ini rasanya belum nyambung satu sama lain. Masih berdiri sendiri dan belum saling terintegrasi. Tapi saya tak akan menyerah dalam menemukan peran spesifik dan unik saya nanti di massyarakat. 


PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE
MINAT, HOBI, KETERTARIKAN
KNOWLEDGE, SKILL, SOFT & HARD
ISU SOSIAL
MASYARAKAT
IDE SOSIAL
BISNIS UNTUK MENYEJAHTERAKAN ORANG LAIN
Akuntansi, Manajemen, Marketing dan Negosiasi
Bisnis sendiri tak siap. Mari bisnis bersama lewat koperasi
Anggota Koperasi
Mari bisnis bersama melalui Koperasi
BAHASA ARAB
Modul Bahasa Arab, kemampuan menulis
Banyak umat Islam yang lebih semangat belajar bahasa asing lain selain bahasa Arab
Khusus : Murid Murid

Umum : Ibu-ibu
Bahasa Arab itu Kereen
(Les Tambahan Gratis)

Untuk program pertama, saya sedang fokus menggiatkan anggota koperasi untuk aktif berbelanja di koperasi, setelah beberapa tahun sebelumnya collapse karena ada mis manajemen keuangannya.  Walau baru menjabat 2 bulan sebagai pengurus koperasi, tapi saya senang dengan antusiasme anggota koperasi untuk memajukan koperasi dengan cara terlibat aktif dalam usaha koperasi seperti pembelian pulsa, tiket kereta, bayar listrik, belanja di toko koperasi dan lain lain. Tujuan saya sederhana saja, agar SHU anggota meningkat dari tahun ke tahun. Jika anggota senang, maka kami pun bahagia melihatnya.
Untuk program kedua tentang bahasa Arab, saya biasanya hanya melakukan ini dalam lingkup lingkungan yan tidak terlalu luas. Seperti saya adakan les tambahan gratis bagi siswi yang ingin mendalami bahasa Arab di lingkungan sekolah tempat saya bekerja, atau belajar bahasa Arab bareng dengan anggota komunitas yaitu ibu-ibu yang bersemangat untuk belajar lagi seperti anak-anaknya.
Hanya itu saja yang baru bisa saya lakukan. Masih sederhana dan tak sehebat ibu-ibu lain, belum mungkin. Insya allah makin bersemangat untuk berkiprah di masyarakat nanti ke depannya.
Serpong, 7 Agustus 2016, 13.20 

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit