Sunday, August 7, 2016

Resensi Buku : Modul Kuttab Satu




 

Judul               : Modul Kuttab Satu

Penulis             : Budi Ashari, Lc dan M. Ilham Sembodo

Penerbit           : Al Fatih

Terbit               : 2012

Tebal               : 217 halaman

 

Buku ini merupakan buku panduan kurikulum islami berdasarkan pada kurikulum di dunia Islam yang dikenal dengan nama Kuttab. Kuttab adalah tempat utama di dunia Islam untuk mengajari anak-anak. Keberadaannya begitu agung dalam kehidupan masyarakat Islam, khususnya dikarenakan Kuttab adalah tempat anak-anak belajar Al- Qur’an. (h. 13)

 

Buku ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya Visi dan Misi Generasi Abad 21, Potret Akhir Generasi, Karakter Imani, Anak-anak Sentuhan Nabi, Makkiyah Madaniyah, Menjadi Guru Seperti Rasulullah, Mengapa Perlu Menghafal Al-Qur’an?, Menuju Generasi Qur’ani, Hafal Al-Qur’an dan Muroja’ah, Bagaimana Al Qur’an Memprogram Hidup, Perbaikan diantara angka Tiga, Al Alaq, Berkisah dalam Al-Qur’an, Teknik Mengaplikasikan Kepribadian Qurani, Saintis Juz 30, Bahasa Peradaban Bahasa Masa Depan, Landasan Membaca dan Menulis, Landasan Bahasa, Landasan Pengajaran Berhitung, Landasan Pengajaran Keterampilan Hidup dan Landasan Olahraga.


Pada bab Perbaikan Bumi diantara angka 3 misalnya, penulis mengutip dari DR. Abdul Majid al Ghily yang mengkaji 38 surat Al-Qur’an berdasarkan urutan turunnya, beliau menyimpulkan bahwa Al-Qur’an terbagi 3 dan merupakan kurikulum menarik bagi perbaikan dunia yaitu :

1.      Sepertiga pertama       : perbaikan diri manusia
2.      Sepertiga kedua          : perbaikan masyarakat
3.      Sepertiga ketiga          : perbaikan negara

Dalam buku ini juga dijelaskan pentingnya menghafal Al-Qur’an bagi seorang anak, sambil dijabarkan kisah para ulama besar yang karyanya bermanfaat untuk umat, ternyata mereka sudah hafal Al-Qur’an sebelum usia baligh nya. Maka di buku ini dipaparkan pula kurikulum terstruktur Hapal Al Qur’an dan Muroja’ah dalam 1000 hari. Sangat rinci hingga ke ujian nya. 

Menarik sekali membaca buku ini yang menjelaskan kurikulum Kuttab bagi anak untuk menuju generasi Qur’ani. Beberapa bidang seperti pengajaran bahassa, keterampilan hidup, bahkan olahraga, juga diulas sekilas di akhir bab buku ini. Tinggal sebagai pengguna dan pelaksana, kita tetap harus merinci dan menurunkannya menjadi bagian-bagian kecil yang sesuai diri dan keluarga kita. Selamat menikmati buku ini.

Ahad, 7 Agustus 2016. 12.00

#ODOPfor99days
#day105

14 comments:

  1. assalamualaikum. umm mau tanya bisa beli buku ini dimana ya? syukron

    ReplyDelete
  2. Belinya dimana yah, mohon balasan pada akun fb anis. Atau aneesrohmat@gmail.com

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum.. bu novi.. modul kuttabnya bisa beli di mana? jazakillah khair..

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum....kalau mau. Beli dimana ya mbk..jazakillah khoir

    ReplyDelete
  5. saya mau pesan bukunya.
    klw ada kirim rincian harga dan no rekeningnya dan harganya.
    raflip183@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Bismillah, afwan dimana kita bisa beli buku nya ??.

    ReplyDelete

Postingan Favorit