Wednesday, August 17, 2016

The Traveller Eza : Maniak Kereta dan Stasiun





Akhir-akhir ini Eza senang sekali dengan kereta. Di tempat kami sekarang di Serpong, kebetulan tak jauh ke stasiun baik itu stasiun Serpong maupun stasiun Rawabuntu. Pas kami mudik ke Tasik juga rumah kakek neneknya malah dekat sekali dengan stasiun. Jadilah dia menjadi maniak ngeliat kereta dan seneng banget kalau diajak ke stasiun. Mungkin hampir sebagian anak kecil memang senang banget kalau diajak melihat kereta apalagi kalau naik keretanya langsung, itu malah girang banget.

Pengenalan alat transportasi pada anak memang sangat penting. Satu persatu Eza diperkenalkan dengan berbagai alat transportasi. Mulai dari motor, mobil, kereta, pesawat terbang hingga becak. Namanya anak lelaki, senang banget dengan berbagai alat transportasi ini. Pengenalan alat transportasi ini bisa dengan mendatangi langsung, mengendarai langsung atau membelikan mainan miniaturnya. Seperti kereta ini, selain Eza sering diajak ke stasiun untuk melihat bahkan naik keretanya, juga dibelikan mainan kereta-keretaanya. Itu mah udah membuat Eza meloncat loncat kegirangan deh.


Beberapa kali saya ajak Eza ke stasiun, kadang di pagi hari sambil mengajaknya makan sebagai variasi tempat, atau kadang papanya mengajaknya di sore hari sebagai sarana membangun kedekatan diantara ayah dan anak. Herannya ko yah dia ga pernah bosan yah, malah bundanya yang bosan keseringan pergi ke stasiun. Papanya malah yang sering bersemangat ngajak Eza naik kereta, walau cuma bolak balik ke Tanah Abang tanpa harus keliling pasar Tanah Abang nya.

Memberikan pengalaman langsung terkait alat transportasi ini memang penting dan berkesan banget bagi anak. Manfaatnya tentu tak sedikit, selain agar anak mengenal berbagai alat transportasi, juga agar anak terbiasa naik berbagai alat transportasi sehingga saat besar kelak, ia tak akan mengalami mabuk atau pusing saat naik mobil, pesawat dan lain-lain. Agenda kami berikutnya adalah mengajaknya naik mobil busway untuk keliling Jakarta. Semoga bisa terlaksana. 

Rabu, 17 Agustus 2016. 23.00

#ODOPfor99days
#day112

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit