Saturday, November 24, 2012

PERMAINAN KANCING: MOTIVATOR KEMANDIRIAN


Seringkali kita sulit sekali menyuruh anak, remaja, saudara atau murid kita untuk melakukan suatu perbuatan secara mandiri. Keluarga Sarah punya tips jitu untuk mengatasinya.

Suatu hari saat saya pulang dari pelatihan di sore hari, sesampainya di rumah Sarah, saya melihat Zac sedang menghitung beberapa kancing. Saya tertarik untuk bertanya kepadanya. Dia bercerita bahwa ibunya menerapkan “permainan kancing” yaitu sebuah permainan untuk menghargai beberapa pekerjaan yang dilakukan Zac dan Elloise. Jadi setiap perbuatan atau kebaikan yang dilakukan Zac dan Elloise, ibunya akan memberikan mereka berdua kancing yang bernilai sekian sen. Jumlah kancing yang  mereka kumpulkan, nantinya bisa ditukar dengan uang di akhir minggu. Jenis pekerjaan dan jumlah uang yang diberikan, tergantung pada penilaian Sarah. Mereka sendiri tidak tahu persis kapan dan berapa kancing Sarah akan meng”harga”i kebaikan mereka.

Kancing ini disimpan dalam sebuah gelas. Setiap gelas diberi nama mereka masing-masing dan kedua gelas tersebut disimpan Sarah di atas kulkas. Setiap kebaikan yang mereka lakukan, Sarah akan menyimpan kancing yang disimpan pada setiap gelas yang sudah diberi nama.

Beberapa jenis kebaikan untuk mendapatkan kancing adalah sebagai berikut (ini saya contek dari tulisan Elloise yang disimpan di atas kulkas):
  • Putting things away
  • Spontaneous acts of kindness / helpfulness
  • Clearing table
  • Washing dishes
  • Not grumbling
  • Asking if help is required
  • Being gracious

Daftar kebaikan tersebut, berlaku untuk Zac dan Elloise karena semuanya merupakan kebaikan yang bersifat umum.
Saya penasaran dengan permainan ini, saya pun bertanya kepada sang pembuat permainan yaitu Sarah. Menurut Sarah, ini hanyalah permainan, dia tidak ingin anak-anaknya melakukan suatu perbuatan atau kebaikan, hanya karena kancing (ikhlas meureun istilah kita mah). Dia ingin anak-anaknya melakukan itu karena memang itu adalah perbuatan yang baik untuk mereka. Menurutnya, setiap minggu Elloise berhasil mengumpulkan sekitar 8 dolar dan Zac sekitar 2 dolar (tentu karena nilai uang untuk anak berusia 9 dan 16 tahun, jelas berbeda). Uang tersebut bisa dibelanjakan oleh keduanya untuk apapun yang mereka inginkan. Jadi untuk mendapatkan uang, mereka tidak mendapatkannya secara gratis.

Suatu hari, saat makan malam bersama, saya mencoba mengajukan pertanyaan konyol, “Jadi pekerjaan apa yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan kancing?”, tiba-tiba Zac bilang

“You Have 3 jobs: HAVE FUN, JUST RELAX & DO YOUR OWN JOB”
Terpana saya mendengar nasehatnya, untuk anak seusia 9 tahun, spontan tapi daleeeeeem banget. Thanks Zac.

Wassalam
Eva Novita Ungu
Adelaide, 8 Ramadhan 1432 H

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit