Saturday, November 24, 2012

Hari gini remaja ga punya akun fesbuk dan ga suka nonton TV??


Saya beruntung bisa mengenal keluarga Sarah sebagai Host saya di Adelaide. Keluarga Sarah terdiri dari 4 orang, Sarah adalah seorang kepala sekolah yang selama 20 tahun lebih, memimpin sebuah TK. Suaminya bernama Jeremy, adalah seorang Gardener. Gardener di Adelaide ini bukan seperti tukang kebun di Indonesia, (sekilas saya pernah lihat di satu tempat di rumahnya, buku tentang “perkebunan” ini begitu bejibun), jadi saya menamakan Jeremy sebagai penguasa kebun yang intelek (di belakang rumahnya, kebun yang indah, tertata rapi oleh Jeremy). Anak tertua bernama Elloise, 16 tahun, kelas 2 SMA di Sekolah khusus putri (girl’s school) dan anak bungsunya bernama Zac, lelaki ganteng berusia 9 tahun, kelas 4 SD.

Sarah mendidik kedua anaknya dengan baik. Terbukti dengan sikap kedua anaknya kepada kami, para tamu tiga minggu di rumahnya, yang sangat ramah. Dan perilaku kedua anaknya yang sangat berbeda dengan kebanyakan anak Indonesia. Sarah mencoba menghindarkan kedua anaknya dari televisi, dan tidak mengijinkan kedua anaknya untuk memiliki akun fesbuk. Apakah anaknya protes? Tentu saja, tidak normal kali kalau tidak protes, sementara teman-teman di sekolahnya sudah melanglang buana dengan fesbuk. Saya pernah menanyakan hal ini pada Elloise, anak sulungnya (secara saya juga yang bukan remaja adalah aktivis sejati fesbuk haha) mengapa dia tidak diijinkan memiliki anak fesbuk. Berikut adalah obrolan saya dengannya dengan terjemahan bebas (kalo pake bhs inggris hilap deui naon bhs inggrisna)

Si ungu                        : Elloise, kamu punya akun fesbuk ga?
Elloise                          : ga punya
Si ungu                        : kenapa? (Elloise ini agak pendiam, ga akan berkicau kalo ga ditanya)
Elloise                          : mamah (emang org Indonesia bilang mamah) bilang kalo saya mau berkomunikasi sama orang lain, saya bisa nelfon atau kirim surat (memang saya lihat, budaya berkirim tulisan masih mendarah daging di keluarga ini, kadang Sarah kirim surat untuk anaknya, padahal satu rumah)                  
Si ungu                        : emang teman-teman kamu di sekolah, ga punya akun fesbuk?
Elloise                          : punya                      
Si ungu                         : trus kamu ga pengen punya?
Elloise                           : ga, kata mamah berbahaya, banyak terjadi cyber crime di fesbuk
Si ungu                        : oh gitu, okke lah kalo begitu

Begitulah saudara-saudara, ternyata Sarah mengungkapkan alasan yang rasional kepada anaknya mengapa tidak boleh punya akun fesbuk dan memberikan alternative cara berkomunikasi dengan orang lain (plus member contoh juga dengan mempraktekannya). Saya sering melihat pagi-pagi sudah ada amplop untuk Elloise dan Zac (lebih sering untuk Elloise) dari Sarah.

Tentang TV, untuk menjauhkan kedua anaknya dari televisi, Sarah menggunakan berbagai cara, diantaranya:
  1. Memberikan banyak alternatif kesibukan pada kedua anaknya. Elloise, sudah sibuk dengan kegiatan sekolahnya, plus hobinya melukis juga disalurkan dengan tersedianya berbagai fasilitas dan alat untuk melukis. Untuk Zac, karena dia senang dengan sepakbola, maka dia ikut klub sepakbola anak seminggu dua kali.
  2. Sesekali mereka juga menonton film keluarga bersama, baik di bioskop maupun di rumah. Jadi orangtua tahu betul apa yang ditonton kedua anaknya karena mereka juga ikut menonton bersama anaknya. Ini juga cara mereka menjaga kebersamaan keluarga.
  3. Yang jauh lebih menarik, Sarah juga menyediakan berbagai games yang mendidik dan merangsang otak. Saya melihat berbagai jenis permainan, penuh dalam satu lemari besar.
Salah satu contoh games yang juga menarik bagi kami adalah yang bernama Rush Hour. Saya dan Eka menikmati sekali permainan ini. Permainan ini hanya mengeluarkan sebuah mobil merah dari kemacetan, tapi dengan berbagai halangan rintangan yaitu berbagai mobil truk dan mobil kecil yang menghalangi mobil merah tersebut. Seru dan memang menyita waktu karena harus mengatur strategi. Pantas saja anak-anaknya tidak tertarik dengan TV karena ada kegiatan lain yang lebih menarik dan menantang.

4. Memberikan berbagai jenis buku yang menarik untuk kedua anaknya, baik buku cerita atau buku lainnya. Zac, sudah baca novel tebal beratus halaman seperti Harry Potter. Elloise ga usah ditanya lagi, kutu buku dan anak pintar yang rajin belajar. Anaknya kepala sekolah gitu lho..
Begitulah sekilas tentang keluarga Sarah. Saya bersyukur sekali bisa mengenal keluarga ini. Keluarga Sarah juga menerapkan pola hidup sehat, vegetarian dan selalu berfikir positif.

Wassalam
Eva Novita Ungu
Adelaide, 4 Ramadhan 1432 H
*untuk ponakanku noval, met milad tgl 1 agt lalu, kadonya nyusul ya …

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit