Tuesday, February 9, 2016

Resensi Buku : Bunda Produktif


Judul Buku           : Bunda Produktif, Catatan Ikhtiar Menjemput Rizqi
Penulis                 : Lina Prihatin dkk
Penerbit               : J & J Publishing
Tahun Terbit       : 2015
Jumlah Halaman  : 205

Buku ini merupakan seri ketiga dari buku Ibu Profesional.
Buku pertamanya adalah Bunda Sayang dan yang kedua Bunda Cekatan. Menurut Bu Septi, pendiri komunitas Ibu Ibu Profesional, sebaiknya kita mempraktekkan dulu apa yang ada di dalam buku bunda sayang dan bunda cekatan, barulah kita mulai menjadi bunda produktif.

Buku ini berisi berpuluh kisah dari para ibu yang mulai bergerak menjadi bunda produktif dengan memiliki berbagai jenis usaha. Ada beberapa ibu yang memutuskan berhenti dari tempat kerjanya, untuk fokus pada keluarga, untuk kemudian ternyata menemukan dunia barunya dalam bisnis baru yang dirintisnya.


Buku yang terdiri dari 3 bagian besar ini, mengungkapkan kisah beberapa ibu dari berbagai pelosok tanah air, bahkan dari berbagai negara dalam merintis dan mengembangkan usaha yang kebanyakan bergerak di bisnis online. Para ibu ini menceritakan kisah mereka saat berjibaku membangun usaha di bisnis baju ibu hamil dan menyusui, bisnis tas, TK dan PAUD, kuliner, anggrek, buku, handycraft, Training Edukasi, Pulsa, Tempat Penitipan Anak dan lain-lain.

Ada beberapa tips dari para penulis dan pelaku bunda produktif bagi para ibu yang ingin memulai usahanya, diantaranya, Berawal dari sesuatu yang disenangi, Fokus, Koneksi/networking, kemasan, komitmen dan disiplin, professional, Berdoa, Team Work, Memantaskan diri untuk mendapat banyak order dan masih banyak lagi yang bisa dibaca lengkap di bukunya.

Hebatnya, para ibu ini tetap memprioritaskan keluarga saat berbisnis nya. Mereka tetap ingin punya waktu banyak untuk keluarganya, tapi potensi dan hobi mereka dapat tersalurkan melalui bisnisnya. Sepertinya, niat mulia untuk tetap memprioritaskan keluarga lah, yang membuat para ibu ini perlahan lahan menemukan jalan kesuksesannya. Saat seorang ibu berbahagia, maka aura kebahagiannya akan terpancar pada kebahagiaan seluruh anggota keluarganya. Tapi jika seorang ibu belum menemukan jalan kebahagiannya, itu akan tertular pada cara ibu berinteraksi dengan anggota keluarganya, yang akan berdampak pada pola asuh yang diterapkannya pada anak-anaknya.

Mari belajar menjadi ibu yang terampil dengan berbagai amanah yang harus diemban, sebagai istri, anak, ibu, pelaku usaha dan mungkin masih banyak lagi amanah lain yang harus diselesaikan. Bunda produktif ini semoga suatu saat bisa saya praktekkan.


#resensibukubundaproduktif

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit